ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WAWOTOBI DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PECAHAN

Merit Heppinia, Kadir Tiya

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan. (2) untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal pecahan (3) untuk mengetahui besar persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan (4) untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan yang telah dilakukan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wawotobi Tahun Ajaran 2014/2015 pada kelas VIIA. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes dan hasil wawancara. Analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data. Pedoman yang digunakan untuk melakukan analisis kesalahan adalah kesalahan ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan dalam memahami konsep, kesalahan dalam menerapkan prinsip dan kesalahan prosedur. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan.


Kata Kunci: analisis kesalahan siswa; objek matematika; hasil jawaban siswa


Full Text:

Unduh File


DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v3i3.3018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id