ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL–SOAL DIMENSI TIGA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KENDARI

Sigit Sugiarto, Kadir ., La Arapu

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal dimensi tiga; dan (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal dimensi tiga. Subyek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X.3, dan subjek yang diwawancarai
dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang dengan kriteria: (1) siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; dan (2) variasi kesalahan yang dilakukan siswa, berupa kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) jenis
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal dimensi tiga yang meliputi kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal dimensi tiga, yaitu: kurangnya pengetahuan prasyarat siswa, rendahnya
motivasi siswa, kurangnya pemahaman konsep siswa, siswa tidak dapat menyusun langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan soal, dan kecerobohan siswa.

Kata Kunci: analisis kesalahan; dimensi tiga; hasil jawaban siswa.


Full Text:

Unduh File


DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v3i2.3012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id