PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA DI KELAS VII-3 SMPN 10 KENDARI

Syamsir Bin Laeto, Lambertus ., Kadir Tiya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas VII-3 SMPN 10 Kendari yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi Pecahan. Dari hasil analisis data diperoleh (1) dari segi proses pelaksanaan skenario pembelajaran mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 65,95% oleh guru dan 59,38% oleh siswa, pada siklus II mencapai 70% oleh guru dan 64,85% oleh siswa dan pada siklus III mencapai 92,5% oleh guru dan 86,72% oleh siswa. Sedangkan (2) dari segi hasil belajar matematika
siswa meningkat dari 56,25% dengan nilai rata-rata 50,78 pada siklus I menjadi 68,75% dengan nilai rata-rata 68,91 pada siklus II hingga pada siklus III mencapai 78,13% dengan nilai rata-rata 72,19. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa
kelas VII-3 SMP Negeri 10 Kendari pada materi pokok Pecahan.


Kata Kunci: pembelajaran kooperatif , two stay two stray, hasil belajar


Full Text:

Unduh File

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id