PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 10 KENDARI

Arfiani ., Utu Rahim

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 10 Kendari dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik gabungan Stratified dan random
class. Penentuan kelas strata sedang dan kelas strata rendah dilakukan secara random kelas dan diperoleh kelas VII.3 sebagai kelas strata sedang dan VII.7 sebagai strata rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa antara kelas strata sedang dan kelas strata rendah di kelas VII SMPN 10 Kendari. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Teams Games Tournament; hasil belajar matematika; pembelajaran kooperatif

 


Full Text:

Unduh File


DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v3i1.2990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id