EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KENDARI

Sri sam Astuti, Awaludin .

Abstract


Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari setalah diajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) mengkaji secara deskriptif dan inferensial perbandingan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika relalistik dengan kemampuan komunikasi matematik setelah
diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling,sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random. Hasil analisis
berdasarkan Statistik Uji-t dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik secarasignifikan lebih baik daripada kemampuan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar
dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari.


Kata Kunci: pendidikan matematika realisitik; komunikasi matematik; pendekatan


Full Text:

Unduh File


DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v1i2.2969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id