PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN KONVENSIONAL KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 KENDARI

Hardianti ., Busnawir ., Rosdiana .

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ? (3) Apakah hasil belajar matematika siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional? Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
adalah 79,40, (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 73,00, (3) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik secara signifikan peningkatannya dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional


Kata Kunci: hasil belajar matematika; pembelajaran kooperatif; pembelajaran konvensional


Full Text:

Unduh File

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id