MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Rusman ., Busnawir .

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari pada materi Sistem Persmaan Linear Dua Variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII, semester Ganjil TA. 2012/2013. Subjek penelitian sebanyak 34 orang siswa.  Pelaksanaan penelitian terdiri dari 3 siklus. Hasil Penelitian
menunjukan dari segi proses yang berkaitan dengan pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan pembelajaran kooperatif  tipe NHT, pada siklus I mencapai 66,67%, pada siklus II mencapai 88,88% dan pada siklus III  mencapai 100%.  Dari segi hasil pembelajaran matematika siswa diperoleh ketuntasan  secara klasikal  pada siklus I mencapai 55,88%, pada siklus II mencapai 70,59%, dan pada siklus III mencapai 82,35%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara individu.

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif;  numbered heads together


Full Text:

Unduh File

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id