KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN KELAS VII SMP NEGERI 5 KENDARI

Inang Nur Amaliah Rahayu, La Ode Ahmad Jazuli, Rahmat Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ditinjau dari jenis kelamin peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kendari, (2) mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ditinjau dari jenis kelamin Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kendari tahun pelajaran 2020/2021. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 66 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik laki-laki lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik perempuan, namun secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kendari ditinjau dari jenis kelamin.


Keywords


objek matematika; pemahaman konsep matematis; jenis kelamin

Full Text:

Unduh FIle

References


Afandi, A. (2016). Profil Penalaran Deduktif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Apotema. 1(1), 1-14.

Afryanzah, R., Wulandari, Y & Gustiningsih, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Edumatica. 9(1), 33-38.

Amir, Z.(2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Marwah.7(1), 14-31.

Annajmi.(2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra.Journal Of Mathematics Education and Science. 2(1), 1-10.

Ekawati, A & Wulandari, S. (2011). Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Sekolah Dasar). Jurnal Sociuscientia Kopertis Wilayah XI Kalimantan. 3(1), 19-24.

Fajar, A. P., Kodirun., Suhar & Arapu, L.( 2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2), 229-239.

Hafidz, A. A.(2019). Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. 9(2), 69-72.

Hamid, N., Arvyaty & Ikman. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Kesehatan Mandonga. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 155-168.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung:Refika Aditama.

Ibrahim, dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Khasanah, M, Utami, R. E & Rasiman. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender, Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(5), 347-354.

Kurniasi, E. R. (2016). Profil Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Primal. 5(2), 1-7.

Mawaddah, S & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning), EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 76-85.

Mistiani, W. (2015). Keadilan Gender Dalam Penilaian Hasil Belajar. MUSAWA: Journal for Gender Studies.7(2), 283-302

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Result In Mathematics. Boston. MA: TIMSS & PIRLS International Study Center. Boston College.

Nafi’an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di Sekolah Dasar, PROSIDING: Seminar Nasional Pendidikan matematika.

Nuraini, A., Fatimah, A. T & Ruswana. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR). J-KIP(Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1(1), 10-16.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia University.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed. Paris: OECD Publishing.

Salmina, M & Nisa. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan gender Pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy. 5(1), 41-48.

Sani, W. O. N. I., Kadir & Suhar. (2018). Kemampuan Numerik Siswa SMP Pesisir Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Self-Efficacy di SMP Negeri 16 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3), 127-140.

Saragih, S & Afrianti, F. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri Siswa SMK Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 18(4),368-381.

Siagian, R. E. F. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(2), 122-131.

Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratno, J. (2012). Perbedaan Pemahaman Konsep Bangun Datar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1), 35-45.

Umar, M., Sumaila, Yusuf, M & Bello. (2018). Gender, Interest, and School Types as Predictors of Academic Achivement in Trigonometry Amon Secondary School Students in Kano State, Nigeria. ATBU, Journal of Science, Technology & Education (JOSTE). 6 (4), 260-269.

Widyastuti, N. S & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia. 2(2), 183-193.

Winata, R & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Minat Belajar dan Gender. Journal Of Mathematics Education. 6(1), 1-18.

Yuniarti, Y. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Laki-laki dan Mahasiswa Perempuan pada Mata Kuliah Matematika I Angkatan 2014-2016 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas. Skripsi. UIN Alawudin Makassar. Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id