MENELUSURI KOGNISI MAHASISWA TENTANG CONCEPT DEFINITION DAN CONCEPT IMAGE DALAM MENDEFINISIKAN KONSEP MATEMATIKA

La Misu, Hasnawati Hasnawati, Busnawir Busnawir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menelusuri kognisi mahasiswa tentang concept definition dan concept image dalam mendefinisikan konsep matematika pada Jurusan Pendidikan Matematika UHO. Ada dua sel yang berbeda dalam struktur kognitif mahasiswa, yaitu concept definition dan concept image. Concept definition (definisi konsep) adalah bentuk kata yang digunakan untuk menentukan konsep itu. Sedangkan concept image (bayangan konsep) adalah sesuatu yang non-verbal yang terkait dalam pikiran seseorang. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang memprogramkan mata kuliah Kalkulus Diferensial, terdiri atas 47 mahasiswa baru angkatan 2019 dan 25 mahasiswa lama  angkatan 2016. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mendefinisikan konsep bagi mahasiswa baru umumnya (89,37%) menggunakan definisi pribadi, dan mahasiswa lama umumnya (52%) menggunakan definisi pribadi. Sedangkan, bayangan konsep bagi mahasiswa baru umumnya (31,91%) menggunakan bayangan visual. Mahasiswa lama umumnya (28%) menggunakan alternative definition or vague conception.

Keywords


kognisi mahasiswa; definisi konsep; bayangan konsep

Full Text:

Unduh FIle

References


Anwar, L., Nasution, S. H., Sudirman, S., & Susiswo, S. 2018. Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Membuktikan Proposisi: Konseptualisasi-Gambar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 46-56.

Domingos, A. 2009, January. Learning Advanced Mathematical Concepts: The Concept of Limit. In Proceedings of CERME (Vol. 6, pp. 2266-2275).

Handscomb, K. 2006. Principles of conceptualization for image-based reasoning in geometry.

Hsieh, C.J. 2014. Studying Intern Teachers’ Concept Image for Mathematics Teaching Through the Aspect of Students’ Mathematical Thinking. In Proceedings of the Joint Meeting of PME 38 and PME-NA 36, 6, 104. Vancouver, Canada: PME.

Meel. 2003. Exploring Collaborative Concept Mapping In Calculus, Bowling Green State University, meel@bgsu.edu, akses tgl 22 September 2012.

Nurwahyu, B., & Tatag, Y. E. S. 2016. Bayangan Konsep (Concept Image) Mahasiswa pada Konsep Kombinasi Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 153-162.

Parameswaran, R. 2009. Concept image formation in understanding abstract definitions–a case study in graphs in discrete mathematics.

Sagala, V., & Hatip, A. 2018. Peningkatan lapisan pemahaman konsep luas bangun datar mahasiswa melalui model pembelajaran PRAKTAK. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 30-39.

Slavin, Robert, 2011, Educational Psychology: Theory into Practice, Institute for Effective Education, Berrick Saul Building University of York,

Heslington, York.

Tall, D. 2004, July. Thinking through three worlds of mathematics. In Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 4, pp. 281-288).

Tall, D.O. 2008. The transition to formal thinking in mathematics, Mathematics Education Research Journal, 20(2), p.5–24.

Tall, D., & Vinner, S. 1981. Concept image and concept definition in mathematics with particular reference to limits and continuity. Educational studies in mathematics, 12(2), 151-169.

Viirman, O. 2014. The function concept and university mathematics teaching. A Dissertation, Karlstad University Studies, Faculty of Health, Science and Technology Department of Mathematics and Computer Science SE-651 88 Karlstad, Sweden.

Vinner, S. 1983. Concept definition, concept image and the notion of function.International Journal of Mathematical Education in Science and Technology,14(3), 293-305.

Vinner, S., & Dreyfus, T. 1989. Images and definitions for the concept of function. Journal for research in mathematics education, 356-366.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id