PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KENDARI

Wa Tati Wa Tati, Zamsir Zamsir, Saleh Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri1 Kendari tahun pelajaran 2019/2020 terdistribusi dalam 9 kelas.Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­4 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writedan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari.

Keywords


model pembelajaran; think talk write; kemampuan komunikasi matematis

Full Text:

UNDUH FILE

References


Ansari, Bansu I. (2016). Komunikasi Matematika Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.

Dharma, I Kadek Satya, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Kongkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal PGSD. Vol. 4 (1), 28-33, dilihat tanggal 10 Agustus 2019, .

Huinker, D. & Laughlin. (1996). Talk Your Way Into Writing. In P.C Elliot, and M.J. Kenney (Eds.) 1996 Yearbook Communication in Mathematics, K-12 and beyond. USA: NCTM.

Johar, Rahmah, Diandita, Elly R., dan Abidin, Taufik F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognitif Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 11. No. 2, hal: 79-97.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mitasasrini, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Jurusan PGSD. Vol. 3 (1), 178-187, dilihat tanggal 10 Agustus2019,.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran (Edisi Kedua). Raja Grapindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suseli. (2010). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Think Talk Write (TTW) dengan Metode Ekspositori (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri I Balongan Indramayu). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.11382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id