PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAWASANGKA

Falihin Falihin, Mustamin Anggo, Kadir Kadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji secara deskriptif pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan scientific, 2) mengkaji secara deskriptif aktivitas siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan scientific, 3) mengkaji secara deskriptif pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar matematika, 4) mengkaji secara deskriptif pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika, 5) mengkaji secara inferensial perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan scientific dan pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka yang terdiri dari 8 kelas paralel dengan jumlah siswa sebanyak 237 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasidan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan scientific lebih tinggi daripada pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa.

Keywords


pembelajaran kooperatif; pendekatan scientific; hasil belajar

Full Text:

UNDUH FILE

References


Ahiri, J. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Kendari: Unhalu Press

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ermawati. 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri Margahayu. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Keberhasilan Kurikulum 2013. [Online]. Tersedia di: http://www.kemdikbud.go.id/uji-publik kurikulum-2013- 5.html. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2013]

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Widyaiswara PPG Matematika

Lazim, M. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajarn Kurikulum 2013 [Online].Tersedia di: www.pppgks.com. Diakses pada tanggal 18 November 2014.

Nurvitasari,Yuli. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Konsel. Kendari: Universitas Halu Oleo

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Widyantini. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. PPG Matematika. Yogyakarta [Online] Tersedia di:

http://www.p4tkmatematika.org/downloads/ppp/PPP_Pembelajaran_ Kooperatif.pdfdiakses pada tanggal 30 Oktober 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.11381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id