PENGARUH MODEL PEMBELAJARANCONCEPT ATTAINMENT DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 KENDARI

Ardiyani Febi Isnaeni, Mustamin Anggo, Fahinu Fahinu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kendari yang terdiri dari 6 kelas parallel berjumlah 177 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa, yang terbagi atas dua kelompok, yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran concep attainment dan problem based learning berjumlah 32 siswa dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung berjumlah 32 siswa.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, dan tes pemahaman matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pemahaman matematis siswa yang diajar concept attaintment dan problem based learningmengalami rata-rata peningkatan sebesar 0,78.


Keywords


problem based learning; concept attainment; pemahaman matematis

Full Text:

UNDUH FILE

References


Afifah, F., Irawati, R., dan Maulana. 2017. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Perbandingan. Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.

Anderson, et al. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. New York: Longman.

Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science). 2(1), 1-10.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Putra, Harry Dwi., dkk. 2018. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). 11(1), 19-30.

Putri, Dini Palupi. 2017. Model Pembelajaran Concept Attainment dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tatsqif. 15(1), 98-129.

Situmorang, Adi Suarman. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kreativitas Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pencapaian Konsep. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 19(1). 52-59.

Syahbana, Ali. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Melalui Penerapan Strategi Metakognitif. Jurnal Edumatica. 3(2), 1-12.

Trianto. 2007. Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.11380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id