PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI

Reni Anggraeni, La Ode Ahmad Jazuli, Hafiludin Samparadja

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang terdiri dari 11 kelas parallel berjumlah 362 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIIIJ sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VIIII sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keberhasilan pengelolaan pembelajaran oleh guru pada empat pertemuan berturut-turut adalah 90%, 84%, 91%, dan 93%; persentase keaktifan siswa pada empat pertemuan berturut-turut adalah 79%, 83%, 92%, dan 93%; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan PMR adalah 69,26; (3) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik adalah 56,95; dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan PMR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.

Keywords


pendekatan pembelajaran;kemampuan komunikasi;matematika realistik

Full Text:

UNDUH FILE

References


Ahiri, J. dan Anwar, H. (2011). Evaluasi Pembelajaran Dalam Konteks KTSP. Bandung: Humaniora.

Ansari, B. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.

Arrifadah, Y. (2004). Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Luas dan Keliling di Kelas V sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana UNESA Surabaya.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan

Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta : departemen pendidikan nasional.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrech: Freudenthal institute

Hadi, A. (2008). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kendari. Skripsi. Kendari: UHO.

Hartono, Y. (2004). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hodiyanto. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal MIPATEK IKIP PGRI Pontianak. Vol.7 No. 1.

Kadir. (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Purnamasari, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Mi Ma’arif Nu Darur Abror Kedungjati). Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP. Lomba dan Seminar Matematika XIX. UNY: Yogyakarta.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Depok: Rajawali Pers.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yudhanegara, M.R dan Karunia E. Lestari. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.11376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id