PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 KONAWE SELATAN

Ni Made Maetri Yanti, Muhammad Sudia, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­-D sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan.

Keywords


model pembelajaran; mind mapping; berpikir kreatif matematis

Full Text:

UNDUH FILE

References


Ananggih, W.G. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Logika Matematika Pada Siswa Kelas X 2 SMA Negeri 1 Garum. Malang: Universitas Negeri Malang. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id.

Arifin, J. 2017. SPSS24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Konputindo.

Arikunto, S. & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Buzan, T.2006. Mind Map untuk Meningkatkan kreativitas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

__________. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Diakses dari http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a2.pdf. pada tanggal 3 Desember 2018, Jam 10.43 WITA.

Kurniasari, Mustika. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Skripsi. Kendari: UHO.

Lambertus, Arapu, L., dan Tandri Patih. 2013. Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 73 – 82.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Muhlis, I. V. S., et al. 2012. TIMS 2011 International Results in Mathematics. Amsterdam: International Association for Evaluation of Educational Achievement.

Munandar, S. C. U. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

OECD. 2016. PISA 2015 In Focus. [Online] Tersedia:

https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf diakses pada tanggal 23 Desember 2018.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Moxed Methods). Bandung: Alfabeta.

__________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tapantoko, A.A.2011. Penggunaan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Skripsi. FMIPA UNY. Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.11375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id