PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 KENDARI

Bayu Arohman, Mustamin Anggo, Zamsir Zamsir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kendari. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kendari yang berjumlah 70 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipililih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan model Discovery Learning dan kelas VII-3 yang belajar dengan model Problem Based Learning. Data hasil penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian isntrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi.Tenik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kendari.

Keywords


model discovery learning; pemecahan masalah; model pembelajaran

Full Text:

Unduh FIle

References


Arili, Neza Zakia. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panti.Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika UNP 7(4) : 88-95.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Erlangga.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana UPI 13(2): 1-10.

Melianita, D. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisiion (STAD).Skripsi Prodi Pendidikan Matematika. FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Natsir, dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Saintifik Problem posing.Jurnal Pendidikan Mtematika. 9(1) Januari 2018 :114-121.

Nurhasanah, dkk. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP.Jurnal Didactical Mathematics. 1(1) :21-32.

Pratiwi, S. D. dan M. T. Budiarto. 2014. Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa.MATHEdunesa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya 3(2): 179-186.

Rasmin, dkk. 2018. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika. 3(2):85-95.

Ratnasari, D.A. 2015. Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Information Communication Technology (ICT) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.Skripsi Prodi Pendidikan Matematika. FPMIPA UPI:Tidak diterbitkan.

Simanungkalit, R.H. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan Pendidikan Matematika FKIP Univ. HKBP Nommensen. 1(2) : 1-13.

Syaban, M. 2008. Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa.Educare Jurnal Pendidikan dan Budaya Universitas Langlangbuana 5(2): 57-65.

Victor, Elvita Beliana, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson study Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik siswa kelas X Mipa SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika UHO 7(2): 95.

Yarmayani, A. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi.Jurnal Ilmiah Dikdaya Universitas Batanghari 6(2): 12-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id