EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEJIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKSISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan)

Alan Setiawan, Muhammad Sudia, La Ode Ahmad Jazuli

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan dan dipilih 3 kelas paralel dengan jumlah 68 orang.Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan  tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan dengan menggunakan model pembelajarantipe Jigsaw pada materi Segiempat mempunyai tingkat penguasaankategori kurang, cukup, baik dan sangat baik, (2) Kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatandengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi Segiempat mempunyai penguasaan kategori sangat kurang, kurang, cukup, baik dan sangat baik.

Keywords


Tipe jigsaw; Model Pembelajaran; Komunikasi Matematik

Full Text:

Unduh FIle

References


Anam, Khoirul. 2003. Implementasi Kooperatif Learning Adabtasi Model Jigsaw.Jakarta: Dirjen Dikdasmin.

Arikunto, S. 2000.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Herdian. 2010. Kemampuan Komunikasi Matematika.Disajikan di .

Ismail. 2002. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning “Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Patih, Tandri. 2012.Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended.Kendari.Universitas Halu Oleo. Skripsi

Sudjana, Nana. 1989.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Usman. 2000. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.Bandung: RemajaRosdakarya.

Zulkarnaen Rafiq. 2010. Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id