PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 KENDARI

Niko Ardyansya Putra, Muhammad Sudia, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruhpenerapan model problem based learning dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 7 kelas.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model Problem Based Learning dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Randomized Posttest Only Control Group Design.Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Problem Based Learningterhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari.

Keywords


model pembelajaran; pemahaman konsep; based learning

Full Text:

Unduh FIle

References


Arends, R.I. (2012).Learning to Teach (9th ed). New York, NY: Mc Graw Hill Companies.

Ariandi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. Prosiding SeminarNasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016. 579-585.

Arifah, U. dan Saefudin, A. A. (2017).Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik. 5(3). 263-272.

Fadzillah, N. (2016).Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Isrok’atun dan Rosmala A. (2018).Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, A.dan Haris, A. (2012).Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniasih, I. dan Berlin, S. (2017).Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015).Penelitian Pendiikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mawaddah, S dan Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 76-85.

Meilinda, B. (2015).Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Konsep Matematis Siswa dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Tesis pada FKIP Pasca Sarjana Universitas Terbuka Jakarta: tidak diterbitkan.

Pratiwi, D.D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2). 191-202.

Rusman. (2010).Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2014).Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudia, M., Masi, L. dan Husmar, B. (2017).Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 37 Konawe Selatan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika.8(1), 1-12.

Utari, V. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 33-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id