PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 TOMIA

Zulfikar Zulfikar, Kodirun Kodirun, Rahmat Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learningterhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 4 Tomia. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tomia tahun pelajaran 2019/2020. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Dari cara tersebut, dipilih populasi sebagai sampel, yakni kelas VIII sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model problem based learning. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest one Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tomia.

Keywords


model problem based learning; pemahaman konsep; signifikan

Full Text:

Unduh FIle

References


Amir, A. 2015. Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma. Vol.3, No.1, Hal.13-28.

Arends, R. I. 2012. Learning to Teach. New York. MCGraw Hill Co. Inc. 9th ed.

Ariandi, Yuli. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. Prosiding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016. (Online), (https://journal.unnes.ac.id), diakses 28 Juli 2018. Semarang: UNS.

Asnila, Z. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA N 3 Tambusai. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian. (Online), Vol. 2, No. 2, Hal. 1-3, (https://ejournal.upp.ac.id), diakses 14 Januari 2019.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Handayani, Eny. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Bilangan. Jurnal Riset dan Konseptual. (Online), Vol. 2, No. 3, Hal. 319-327, (https://www.jurnal.unublitar. ac.id), diakses 8 Maret 2019.

Ikasari, Y. 2017. Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bangun Datar Segiempat Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 8, Hal. 1-8.

Jihad, A & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kesumawati, N. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008. Sumatera Selatan: FKIP Program Studi matematika Universitas PGRI Palembang.

Kurniasih, I., dan Berlin S. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Mawaddah, S & Maryanti, R. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, Hal. 76-85.

Muin, A., dan Damayanti. 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Teknik Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016. (Online), (https://repository.uir.ac.id), diakses 16 Maret 2019. Cirebon: FKIP UNSWAGATI.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mente, H. & Jazuli, L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP UHO. Vol. 2, No. 2, Hal. 37-54.

Natalia, S.S.,dkk. 2017. Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika(JPMM) Solusi. Vol. 1, No. 5, Hal. 104-117.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id