PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs NEGERI 3 MUNA

Ana Wati, Busnawir Busnawir, Jafar Jafar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuanpemecahanmasalah matematis siswa kelas VII MTs Negeri 3 Muna. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Muna tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIA sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuanpemecahanmasalah matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaranProblem Based Learning terhadap kemampuanpemecahanmasalah matematis siswa di kelas VII MTs Negeri 3 Muna.

Keywords


Problem based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Model pembelajaran.

Full Text:

Unduh FIle

References


Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alzianina, A.E. 2016.Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Amir. ( 2007). Karakteristik Model Pembelajaran Problem Based Learning. Klaten: IntanPariwara.

Amelia. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Matematika UNP, (Online), Vol. 3, No. 3, (http://ejournal. unp. ac. id/ students/ index. php/ pmat/ article/ viewFile/ 1329/954, diakses pada tanggal 3 Juni 2019)

Anderson, et al. 2001.A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. New York: Longman

Angraini, Lilis Marina. (2010). Pengaruh Model Pembalajaran Pencapaian Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Ariani. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Pemikiran Elemen. Vol 3(1). Hal 25-34.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Asnila, Z., Nurrahmawati, Deswita, H. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMAN 3 Tambusai. Jurnal Unversitas Pasir Pengaraian.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2004). Peraturan Menteri Nomor 506/C/Kep/PP/2004. Jakara.

Gunantara, Suarjana, danRiastini, N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untukMeningkatkanKemampuanPemecahanMasalahMatematisSiswaKelas V. JurnalMimbar PGSD UniversitasPendidikanGanesha.

Kesumawati, Nila. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2), 30-44.

Kilpatrick, J., Swafford, J., danFindell, D. 2001.Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington: National Academy Press.

Lambertus. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Pendekatan Matematika Realistik.Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 153-166.

Lestari, Fuji Anggun. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan). Biormatika Jurnal I lmiah FKIP Universitas Subang. 3(1), 1-8.

Mawaddah, S dan Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 76-85.

Meilinda, B. (2015).Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Konsep Matematis Siswa dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Tesis pada FKIP Pasca Sarjana Universitas Terbuka Jakarta: tidak diterbitkan.

Pratiwi, D.D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2). 191-202.

Rusman. (2010).Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2014).Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudia, M., Masi, L. dan Husmar, B. (2017).Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 37 Konawe Selatan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika.8(1), 1-12.

Utari, V. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 33-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id