PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 KONAWE SELATAN

Rati Selfia, La Ode Ahmad Jazuli, Hafiludin Samparadja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan tahun pelajaran  2018/2019 yang terditribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model generatif dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Control Grup Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan.

Keywords


model pembelajaran; pembelajaran generatif; pemahaman konsep

Full Text:

Unduh FIle

References


Arapu, L. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP yang Diajar Dengan Model Pembealajaran Generatif danpembelajaran Langsung. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(3), 77-88.

Arifah, U & Saefudin, A.A. (2017). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik. 5(3), 263-272.

Fadzillah, N. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Hamid, N., Arvyati, A., & Ikman, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Kesehatan Mandonga. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 155-168.

Hodijah, Y. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol.1. hal. 351.

Jihad, A & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mardiah., Somakin & Purwako. (2014). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas VII SMP Negeri 9 Palembang. EDU-MATJurnal Pendidikan Matematika. 5(10), 631-689.

Mustakim, R. N., & Busnawir. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sman 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 133-150.

Salim, S., Fahinu, F., & Rahmat, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(1), 155-168.

Santi, P. (2011). Penerapan Kelompok Belajar Kompetitif Dengan Model Pembelajaran Generatif Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD No. 4 Penarukan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Undiksha.

Sukmadinata, N.S & Syaodih, Erliany. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Reyka Aditam.

Sutarman & Swasono, P. (2003). Implementasi Pembelajaran Generatif Berbasis Konstruktivisme sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas III pada Bidang Fisika di SLTP 17 Malang . Jurnal. Malang: Lemlit-UM.

Nurdyansyah & Fahyuni, E.F. (2016) Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rahmiati dan Fahrurrozi. (2017) Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Hamzanwadi. hlm. 1-11.

Riski, Utami Sari, Dantes, & Ardana. (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Poject terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. PSPD Vol 4.

Risnawati & Amir, Subaidah. (2015) Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Zulkarnain, I & Agustini. (2014). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 2(1), 8-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id