PENGARUH MODEL PEMBELAJARN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KENDARI

Deliyanti Deliyanti, La Ndia La Ndia, Latief Sahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar  peserta ddidik kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan  teknik  Purposive  Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII­I7  sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan kelas VIII1  sebagai  kelas kontrol  diterapkan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design.. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model  pembelajaran  Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar peserta didikdi kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari.

Keywords


Model Pembelajaran; Reciprocal Teaching; Hasil Belajar

Full Text:

Unduh FIle

References


Ahmadi, Rulam.2016. Pengantar Pendidikan. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arends, Richard L. 2012. Learning to Teach 9th editing. New york: McGraw-Hill Companies.

Awaliyah, Reski & Ridwan Idris. Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mtsn Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, jurnal matematika dan pembelajaran. Vol. 3 No. 1, juni 2015.

Bada, S. S. & La Misu. 2017, “Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP 15 Kendari pada Materi Segiempat”, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 3, Hlm. 139-152

Garderen, Louis., Lawrence Manion & Keith Morrison. 2018. Research Methods in Education. New York: Routledge.

Mulyono, Dodik, Malia &Wahyuni Reni . The Effect Of Reciprocal Teaching Student Facilitator And Explaning And Learning Independence On Mathematical Learning Result By Controlling The Initial Ability Of Students. International Electronic Journal Of Mathematics Education, Vol. 13, No.3, 2018.

Pramita, C. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SISWA di Kelas VII6 SMP Negeri 11 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Rachmayani, Dwi. 2014. Penerapan Pembelajran Reciprocal Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Dan Kemandirian Belajar Matematika Peserta didik. Volume 2 Nomor 1 Hal 14.

Salehi, Mohammad & Sepideh Vafakhah. A Comparative Study of Reciprocal Only (RTO) and Explicit Teaching of Strategies before Reciprocal (ET-RT) on Reading Comprehension of ELF Learners. Australian Jurnal of basic and applied sciences, 7(2). 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id