Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan CPS Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Ditinjau Dari Self Efficacy

Nurfitriani Nurfitriani, Fahinu Fahinu, Mukhsar Mukhsar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek Pembelajaran Berbasis Masalah  dengan pendekatan CPS terhadap  kemampuan berpikir kreati matematik siswa ditinjau dari Self-Efficacy. Subyek penelitian ini adalah 43 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baubau tahun pelajaran 2016/2017. Desain  penelitian yang  digunakan dalam  penelitian ini  adalah  pretest- posttest control group design. Dua dari enam belas diambil dengan teknik purposive sampling. Kemudian dipilih secara acak satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CPS, dan satu kelas lainnya sebagai kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran langsung. Self Efficacy siswa diukur dengan angket Self-Efficacy dan kemampuan berpikir kreatif diukur dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang diberikan saat pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan  ANAVA satu jalur, ANAVA dua jalur, dan Uji t pada ᾳ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CPS lebaik baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung ditinjau dari Self-Efficacy.


Keywords


Kemampuan berpikir kreatif matematik, Self-Efficacy, model pembelajaran berbasis masalah, pendekatan CPS

Full Text:

UNDUH

References


Bandura, A. 1997. Self Efficacy : The Exercise Of Control. New York : W.H. Freeman and Company. [Online]. Tersedia: https://www.amazon.com/Self-Efficacy-Exercise-Control-Albert-Bandura/dp/0716728508. [30 Oktober 2016]

Beyer, B .K. 1991. Teaching Thinking Skills: A Handbook for Elementary School Teachers. Boston: Allyn & Bacon.

Djarwanto. 2003. Statistik Non Parametrik. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.

Eagly, A. H, & Chaiken, S. 1993. The psychology of attitudes. Fort Worth, TX: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Eggen & Kauchak. 2012. Strategi dan Model pembelajaran: Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Terjemahan Satrio Wahono Baston (Buku asli terbitan tahun 2012).

Filsaime, K. D. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Fisher, R. 1995. Teaching Children to Think. Cheltenham: Stanley Thornes Ltd.

Ibrahim, M. & Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press Marianty A.

Ismaimuza, D. 2010. Kemampuan Berpikir kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi Doktor pada SPS UPI: Tidak diterbitkan.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Noer, H. S. 2012. Self-Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY; November 2012. ISBN : 978-979-16353-8-7

Pepkin, K. 2000. Creative Problem Solving in Math. [Online]. Tersedia: www.artofproblemsolving.com. [17 Oktober 2016].

Sohibi, M. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. E-journal. Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang.

Tan, O. S. 2003. Problem‐based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Singapore: Thomson Learning. [Online]. Tersedia: http://www.tp.edu.sg/staticfiles/TP/files/centres/pbl/pbl._tan_oon_seng.pdf. [20 oktober 2016].




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Matematika



Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika by http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085341614860