Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
UNDUHReferences
Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.
Asriah, A. N. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan pendekatan Open-Ended. Skripsi. Tasikmalaya: FKIP, Universitas Siliwangi. [online]. Tersedia di: http://dc192.4shared.com/download/c0gpnEmG/CCIE_RS_V40_Open-ended_questio.pdf?tsid=20110716-094638-5108dfce [16 Juli 2011].
Hudiono, Bambang. 2008. Pembudayaan Pendekatan Open-Ended Problem Solving dalam Pengembangan Daya Representatif Matematik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1). [Online]. Tersedia di: http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/91082329.pdf [16 Juli 2015].
Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Lambertus .2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SD Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Bandung : PPs UPI ( Disertasi Tidak Dipublikasikan )
Lambertus, at.al. 2014. Developing Skills Resolution Mathematical Primary School Students. International Journal of Education and Research, 2 (10).
Lambertus, 2016. Developing Skills Undertanding Of Mathematical High School Student. International Journal of Education and Research. 4 (7).
Lambertus, at.al. 2016. Junior High school Students' Mathematical Critical Thinking Ability Under Realistic Mathematics Approach. Approach. Sci.Int. Lahore, 28 (2): 1377-1382.
Lambertus, La Arapu, Patih, T. 2013. Penerapan pendekatan Open- Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1).
Lambertus, La ode Ahmad Jazuli, Irene. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open Ended dengan Strategi Social Nework Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1).
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Drive, Reston, VA: The NCTM
Paduppai, D dan Nurdin. 2008. Penerapan Pendekatan Open-Ended Problem dalam Pembelajaran Kalkulus. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 074, Tahun Ke-14, UNM, Makassar. [online]. Tersedia di: http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/1407408904926.pdf
Risbaya, A. 2011. Pengaruh Pendekatan Open ended dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kuningan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860