Profil Berpikir Krtitis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif.

La Saudi, Muhammad Sudia, Mustamin Anggo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan profil berpikir kritis siswa berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsive. Peneliti ini memberikan tes Pengelompokan gaya kognitif kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa secara kualitatif dipilih dua siswa terdiri satu (1) impuslif dan satu (1) siswa reflektif, dengan pada setiap langkah pemecahan masalah Polya mempertimbangkan kemampuan komunikasi siswa. Dari hasil penelitian diperoleh temuan profil berpikir kritis siswa reflektif pada setiap pentahapan Polya yaitu semua memenuhi kriteria indikator berpikir kritis sebagai berikut : (1) pada kriteria focus memahami permasalahan dan memahami pertanyaan pada soal terkait sistem persamaan linear dua variabel dan mampu membuat keputusan dengan pemisalan menggunakan variabel x dan y, (2) dalam setiap langkah pengambilan keputusan dengan alasan (reason) yang relevan, (3) kesimpulan (inference) yang dibuat sesuai dengan tujuan soal dan alasan yang digunakan tepat, (4) pada kriteria situation, siswa mengetahui situasi dengan baik, (5) memberikan penjelasan lebih lanjut (clarity) dari kesimpulan, (6) untuk overview, tidak melakukan pengecekan kembali terhadap jawaban yang diperoleh

Keywords


Berpikir kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif.

Full Text:

UNDUH

References


Anonim. 2007. Pendekatan pemecahan Masalah Matematika (PengembanganPembelajaran Matematika). Jakarta: Ditjen-Dikti Depdiknas.

Butts, Thomas. 1980. Posing Problem Property, Problem Solving in School Mathematics. Reston: NCTM.

Cooney, T. J., Davis, E. J, Henderson, K. B. 1975. Dynamics ofTeaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifllin Company.

Dossey, J. A., McCrone, S. S., O’Sulivan, C., & Gonzales, P. 2006. Problem Solving in the PISA and TIMSS 2003 Assessment. Technical Report: US Department of Education.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New Jersey: Printice-Hall Inc.

Heineman, Peter L. 1995. Cognitive and Learning Style. Boston: Allyn & Bacon.

Jonassen, D. H. 2004. Learning to Solve Problems and Instructional Design Guide. San Francisco, C. A. Pffeifer.

Kalelioglu, F & Gulbahar, Y. 2014. The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking an Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Educational Technology and Society, 17 (1): 248-258.

Kirkley, J. 2003. Principle for Teaching Problem Solving. Technical Paper, Plato Learning Inc.

Lau, J.Y F. 2011. An introduction to critical thinking and creativity think more, think better. New Jersey: John wiley & Sons Inc.

Riding, RJ., Glass, A.,& Douglas, G. 1993. Individual Differences in Thinking: Cognitive and Neurophysiological Perspectves. Special Issue: Thinking, Educational Psychology, 13 (3 & 4): 267-279.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi ke Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Saurino, D.R. 2008. Concept Journaling to Increase Critical Thinking Dispositions and Problem Solving Skills in Adult Education. The Journal Of Human Resorce and Adult Learning, 4(1).

Schoenfeld, A., H. 1985. Mathematical Problem Solving. New York: Academic Press. Inc.

Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Snyder, G.L. & Snyder, M.J. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, L( 2).

Stanic, G & Kilpatrick, J. 1988. Historical Perspectives on Problem Solving in The Mathematics Curriculum, In R. I. Charles & E. A Silver (Eds). The Teaching and Assesing of Mathematical Problem Solving. Reston: NCTM.

Sudia, Muhammad. 2013. Profil Metakognisi Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif-Reflektif dalam Memecahkan Masalah Terbuka Materi Geometri Bangun Datar ditinjau dari Perbedaan Gender. (Disertasi) tidak dipublikasikan, PPS-Unesa, Surabaya.

Sudia, Muhammad, Budayasa, I Ketut, Lukito, Agung. 2014. Profil Metakognisi Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif-Reflektif dalam Memecahkan Masalah Terbuka. Jurnal Ilmu Pendidikan UM Malang.

Stenberg, R.J., Roediger, H.L. & Halpren, D.F. 2007. Critical Thinking in Psychology. Cambridge: University Press.

Sukmadinata, N.S. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompentensi. Bandung: Kesuma Karya Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860