Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Ditinjau Dari Disposisi Matematik Siswa SMA

Kamaruddin Kamaruddin, Kadir Kadir, Ruslan Ruslan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian RAK dengan tujuan untuk menganalisis: (1) Deskripsi kemampuan koneksi matematik (KON) ditinjau dari disposisi matematik (DM) siswa kelas X SMA Negeri 1 Wakorumba Utara; (2) Perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan koneksi matematik antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual dan pembelajaran langsung kontekstual; (3) Perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual dan pembelajaran langsung kontekstual ditinjau dari disposisi matematik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wakorumba Utara tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 97 orang. Hasil penelitian secara deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan KON siswa kelas X SMA Negeri 1 Wakorumba Utara meningkat setelah diberikan atau menggunakan masalah kontekstual, (2) Melalui independent sample t-test secara signifikan rata-rata peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual lebih besar di banding dengan pembelajaran langsung kontekstual; (3) Melalui anava RAK disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata peningkatan KON siswa antara yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual dan yang diajar dengan pembelajaran langsung kontekstual ditinjau dari DM siswa.

Keywords


Kemampuan koneksi matematik, disposisi matematik, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw kontekstual

Full Text:

PDF

References


Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education. Springer-Verlag Berlin Heidelberg

Aronson, Elliot. 2008. Jigsaw Classroom. [Online]. Tersedia: http://www.jigsaw.net. [2 Oktober 2016].

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah

Jihad, A. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjauan Teoritis dan Historis). Bandung: Multipressindo.

NCTM, 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. [Online]. http://muttaqinhasyim.wordpress.com/2009/06/14/tujuan-pembelajaran-matematika/. [2 Januari 2016].

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan . Yogyakarta: Bumi Aksara.

Walpole, R.E. 1993. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Urama.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860