Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Matematik Ditinjau Dari Disposisi Matematik Siswa SMP

Darmawangsa Darmawangsa, Kodirun Kodirun, Hafiludin Samparadja

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan KMM siswa yang mengikuti model pembelajaran TTW dan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung ditinjau dari Disposisi Matematik (DM) siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siwa kelas VIII SMP Negeri 25 Konawe Selatan yang terdiri dari 3 kelas pararel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random class. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes KMM siswa berbentuk tes uraian, angket DM dan lembar observasi. Data dianalisi dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji t beda dua rata-rata dari data N-Gain kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan KMM siswa setelah diajar dengan model pembelajaran TTW; (2) Terdapat peningkatan KMM siswa setelah diajar dengan model pembelajaran langsung; (3) Secara signifikan rata-rata peningkatan KMM siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan KMM siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung; (4) Secara signifikan KMM siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada KMM siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, baik ditinjau dari siswa yang memiliki DM tinggi, DM sedang maupun DM rendah.


Keywords


Kemampuan Menulis Matematik, Disposisi Matematik, Model Pembelajaran Think Talk Write

Full Text:

UNDUH

References


Ambarjaya S, Beni. 2012. Psikologi Pendidikan dan pengajaran: teori dan praktik . Yogyakarta: CAPS.

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, K. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Strategi Writing From A Prompt dan Writing in Performance Task Pada Siswa SMP. Tesis UPI: Bandung.

Barli Bram. 2002. Membangun Pemahaman Siswa melalui Model Pembelajaran Think Talk Write pada Materi Fungsi Invers Di Kelas II SMAN Baktiya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Dikmenum. Depdiknas.

Halmaheri. 2004. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam Kelompok Kecil (Studi Eksperimen di SMPN 3 Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau). Tesis pada FMIPA UPI Bandung.

Huinker & Laughin. 1996. Think-Talk-Write (TTW). [Online]. Tersedia: www.mtsd.k12.wi.us. [25 September 2007].

Kilpatrick, J.,Swafford, J.,& Findel, B. 2001. “Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics”. Washington, DC : National Academy - Press.

Kesumawati. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi-UPI: Bandung.

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Termuat pada Jurnal Pendidikan UNHALU Vol. 8, No.1, Februari 2009.

Reni Untarti. 2010. Keefektifan Strategi Pembelajaran Think- Talk-Write (TTW) Pada Pembelajaran Statistika dan Peluang Ditinjau Dari Kompetensi dan Komunikasi Matematika Siswa SMP N 1 Ngaglik. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Slamet 2008. Pengertian Dasar Problem Solving”.[Online]. Tersedia: http:// p4tkmatematika.org/.../problemsolving/PengertianDasarProblem Solving _ smd.pdf [29 Desember 2010].

Soewarno Handayaningrat. 1990. ”Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah”. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung : ALFABETA.

Suherman, dkk. 1990. Common texbook. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA-UPI Bandung.

Sumarmo, U. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA UPI.

Twisli Happy Rosdian. 2010. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think- Talk-Write (TTW) Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) Pada Siswa Kelas VII G Semester Gasal SMP Negeri 1 Suboh-Situbondo Tahun Pelajaran 2009/2010”. [Online]. Tersedia: http:// digilib.unej.ac.id › ... › Pendidikan_Matematika › 2010). [1 Januari 2015]

Yuanari, Novita. 2011. “Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 5 Wates Kulonprogo. Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Yunarti. 2003. Model Kooperatif Tipe Think Tallk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/file/15-Zulkarnaini-EDIT.pdf [17 Januari 2013]

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi, Bandung: UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860