Desain Pembelajaran Bilangan Melalui Permainan Sut-Sut Menggunakan Pendekatan PMRI Di Kelas III Sekolah Dasar

Nini Ratna Sari, Mustamin Anggo, Kodirun Kodirun

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui desain pembelajaran bilangan melalui permainan sut-sut menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia dapat digunakan siswa untuk memperoleh pengetahuan awal bilangan dan konsep dasar bilangan di kelas III sekolah dasar, (2) Menghasilkan desain pembelajaran bilangan melalui permainan sut-sut menggunakan pendekatan PMRI dapat mengembangkan pemahaman bilangan siswa tentang konsep bilangan melalui aktivitas informal ke formal di kelas III sekolah dasar dan (3) Untuk mengetahui desain pembelajaran bilangan melalui permainan sut-sut menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan dalam 3 tahap yakni perecanaan desain, percobaan desain, dan analisis retrospektip. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III MI ICI dan SDN 21 kendari barat yang mengajarkan di kelas tersebut.. Berdasarkan bukti yang diperoleh, temuan di lapangan menunjukkan bahwa bermain sut-sut dapat digunakan siswa sebagai titik awal pembelajaran yang mendukung mereka untuk mendapatkan pengetahuan awal dan konsep dasar bilangan yang diharapkan. Melalui masalah yang dikembangkan dari konteks bermain sut-sut, perkembangan pemahaman bilangan mereka ditujukkan dengan beraneka ragam strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah, dan kemampuan berpikir kritis ketika mereka mengkomunikasikan ide dan pertanyaan dalam diskusi.


Keywords


Desain Pembelajaran, permainan sut-sut, bermain rumah, pendekatan PMRI

Full Text:

UNDUH

References


Freudenthal, H. 1973. Mathematics asaneducational task. Dordrecht, the Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Freudenthal, H. 1991. Revisiting Mathematics Education: Chinalectures. Dordrecht, the Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer, K., & Eerde, Dollyvan. 2009. Design Research asa Means for Building a Knowledge Base for Teachers and Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal, 109(5).

National Council of Gurus of Mathematics 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston,VA: National Council of Gurus of Mathematics.

Simonson, M. 2006. Design Based Research, Applications for Distance Education. The Quarterly Review of Distance Education, 7(1):vii-viii.

Streefland, L., 1991. Fractions in Realistic Mathematics Education. A Paradigm of Developmental Research. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860