Proses Berpikir Mahasiswa Jurusan PG-PAUD dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Scaffolding ditinjau Gaya Kognitif

Damsir Dima, Muhammad Sudia, Hafiludin Samparadja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses berpikir mahasiswa jurusan PG-PAUD FKIP UHO dalam memecahkan masalah matematika dengan Scaffolding ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini diperoleh melalui test (Matching Familiar Figure Test) MFFT. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti, dan instrumen bantu adalah test gaya kognitif (MFFT), tugas pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pengamatan dalam penelitian diketahui bahwa: 1) pada tahap memehami masalah proses berpikir kedua subjek cenderung konseptual, 2) pada tahap merencanakan penyelesaian proses berpikir kedua subjek cenderung konseptual, 3) pada tahap melaksanakan rencana, subjek impulsif terburu-buru menyelesaikan masalah, sehingga penyelesaiannya cenderung salah, namun dengan scaffolding mampu menyelesaikan masalah dengan benar. Pada tahap ini proses berpikir subjek impulsif cenderung konseptual. Sedangkan subjek Reflektif terhenti ketika menyelesaikan masalah tetapi setelah diberikan scaffolding mampu menyelesaikan masalah dengan benar. Pada tahap ini proses berpikir subjek reflektif cenderung semikonseptual, 4) Tahap memeriksa kembali, proses berpikir kedua subjek cenderung konseptual.

Keywords


Proses Berpikir Matematika, Gaya Kognitif, Scaffolding, Pemecahan Masalah Matematika.

Full Text:

UNDUH

References


Agustina, Tria.2013. Pengaruh Pemberian Bantuan (Scaffolding) pada Aktivitas Belajar Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Negeri Malang.

Goleman, Daniel. 2007. Emotional Intelligence: Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ (Terjemahan oleh: Hermaya), Jakarta, Gramedia Pustaka Utama

Kagan, Jerome. 1965. Impulsive and Reflektive Children Significance of Conceptual Tempo. Dalam Krumboltz, J.D (Edt) Learning and the Educational Process. Chicago, Mc Nally & Company.

Kirkley, J. 2003. Principle for Teaching Problem Solving, Technical Paper, Plato Learning Inc.

Krutetskii. 1976. The Psychology of Mathematics Abilities in School Children, USA, University of Chicago.

Lambas. 2004. Materi Pelatihan Terin-tegrasi. Jakarta: Departemen Pen-didikan Nasional Direktorat Jen-dral Pendidikan Dasar dan Menen-gah Direktorat Pendidikan Lanju-tan Pertama.

Polya, G. 1973. How To Solve It, Second Edition, New Yersey, Princeton University Press.

Solso, Robert L., Maclin Otto H., & Maclin M. Kimberly. 2008. Kognitive Psycchology (Alih Bahasa: Mikael Rahardianto dan Kristianto Batuadji), Jakarta, Penerbit Erlangga.

Sudia, Muhammad. 2013. Profil Metakognisi Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif-Reflektif dalam Memecahkan Masalah Terbuka Materi Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. Disertasi (Tidak dipublikasikan), PPS-Unesa, Surabaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860