Penerapan Pendekatan Open-ended Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika

Matius Fanny Setiawan, Lambertus Lambertus, Makkulau Makkulau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari yang  terdiri  dari  6  kelas.  Pengambilan  sampel  dalam  penelitian  ini  menggunakan  teknik purposive  sampling  dan  random  sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan awal matematika pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding pada kelas kontrol. Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dengan rata-rata kemampuan berpikir  kreatif  matematis  siswa  yang diajar  dengan  menggunakan  pendekatan  konvensional ditinjau dari PAM siswa kelas 8 di SMP N 6 Kendari. Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan   kemampuan   berpikir   kreatif   matematik   antara   siswa   yang   diajar   dengan menggunakan   pendekatan   open-ended   dengan   siswa   yang   diajar   dengan   menggunakan pendekatan konvensional  ditinjau dari PAM. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih baik dibanding pada siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari PAM tinggi, sedang, dan rendah


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pengetahuan Awal Matematika (PAM), Pendekatan Open-ended, Pendekatan Konvensional

Full Text:

UNDUH

References


Ani. 2015. Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Berbantu Video Interaktif Materi Lingkaran Kelas VIII MTs N Mranggen Demak. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dochy, F.J.R.C. 1999. Prior knowledge and learning. Dalam Corte, E.D., & Weinert, F (eds.):

International Encyclopedia of Developmental and Instructional Psychology. New York: Pergamon

Elih. 2010. Pengaruh Pendekatan open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Filsaime, K. D. 2007. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kadir. 2006. Pembelajaran Matematika dengan pendekatan soal-soal terbuka (The Open Ended Approach). Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1).

Lambertus. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Pendekatan Metematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2).

Lambertus. 2014. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-ended Dengan Strategi Social Network Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1).

Liputo, Y. 1996. Kamus filsafat. Bandung: Rosda Karya

Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV, UNIMA Manado, 30 Juni-3 Juli.

Mann, E.L. 2005. Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. University of Connecticut.

Mann, E.L. 2006. Creativity: The essence of mathematics. Journal for the Education of the Gifted. 30(2): 236—260.

Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Munandar, U. 1999. Kreativitas & Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Paduppai, Darwing dan Nurdin. 2008. Penerapan Pendekatan Open-ended Problem dalam Pembelajaran Kalkulus. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 074, Tahun Ke-14, UNM, Makassar September 2008. [Online]. Tersedia di: http://jurnal.pdii.lipi.go.id/ admin/jurnal/1407408904926.pdf

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Prastiti, T.D. 2007. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran RME dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Didaktika, 2 ( 1)

Sisdiknas. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Focus Media

Walpole, R. E. 1993. Pengantar Statistika. Edisi Ke Tiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama..




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Matematika



Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika by http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085341614860