Penerapan Pendekatan Open-ended Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan awal matematika pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding pada kelas kontrol. Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dengan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari PAM siswa kelas 8 di SMP N 6 Kendari. Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dengan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari PAM. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih baik dibanding pada siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari PAM tinggi, sedang, dan rendah
Keywords
Full Text:
UNDUHReferences
Ani. 2015. Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Berbantu Video Interaktif Materi Lingkaran Kelas VIII MTs N Mranggen Demak. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dochy, F.J.R.C. 1999. Prior knowledge and learning. Dalam Corte, E.D., & Weinert, F (eds.):
International Encyclopedia of Developmental and Instructional Psychology. New York: Pergamon
Elih. 2010. Pengaruh Pendekatan open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Filsaime, K. D. 2007. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kadir. 2006. Pembelajaran Matematika dengan pendekatan soal-soal terbuka (The Open Ended Approach). Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1).
Lambertus. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Pendekatan Metematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2).
Lambertus. 2014. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-ended Dengan Strategi Social Network Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1).
Liputo, Y. 1996. Kamus filsafat. Bandung: Rosda Karya
Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV, UNIMA Manado, 30 Juni-3 Juli.
Mann, E.L. 2005. Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. University of Connecticut.
Mann, E.L. 2006. Creativity: The essence of mathematics. Journal for the Education of the Gifted. 30(2): 236—260.
Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Munandar, U. 1999. Kreativitas & Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Paduppai, Darwing dan Nurdin. 2008. Penerapan Pendekatan Open-ended Problem dalam Pembelajaran Kalkulus. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 074, Tahun Ke-14, UNM, Makassar September 2008. [Online]. Tersedia di: http://jurnal.pdii.lipi.go.id/ admin/jurnal/1407408904926.pdf
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Prastiti, T.D. 2007. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran RME dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Didaktika, 2 ( 1)
Sisdiknas. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Focus Media
Walpole, R. E. 1993. Pengantar Statistika. Edisi Ke Tiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama..
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860