Perbandingan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kendari Antara Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Konvensional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan literasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari yang terdiri dari enam kelas paralel dan satu kelas khusus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan instrumen tes kemampuan literasi matematis berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan. (1) Rata-rata kemampuan literasi matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 53,06 dari total skor 100. (2) Rata-rata kemampuan literasi matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 46,89 dari total skor 100. (3) kemampuan literasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak berbeda signifikan dengan kemampuan literasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
UNDUHReferences
Arikunto, S. 2015, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, RinekaCipta: Yogyakarta.
..........................2016, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. 2006, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah, Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
Fathurrohman, M. 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gurria, A. 2015, PISA 2015 Results in Focus. [Online]. Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. [06 Agustus 2017].
Jihad, A. & Haris, A. 2012, “Evaluasi Pembelajaran”. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Johar, R. 2012, Domain Soal Pisa Untuk Literasi Matematika, Jurnal Peluang Pendidikan Matematika Unsyiah, 1 (1) : 8-10.
Meidawati. 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1(2) : 1-10.
OECD. 2010, Mathematics Framework: Draft Subject to Possible revision after the Field Trial PISA 2012. [Online]. Tersedia: www.oecd.org. [5 September 2017]
..............2013, Literacy Skills for the World of Tomorrow–Further Results from PISA 2000.Organisation for Economic Co-operation & Development & Unesco Institute for Statistics.
Sanjaya, W. 2010, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Setiawan, H., Dafik, & Srilestari, N.D. 2014, “Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Jember.
Sugiyono 2014. Metod Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
................2016¬. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, A. & Puri, L.S. 2014, “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK”, Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3): 202-210.
Wayan, I. 2012, Pengaruh Model Pembelajran Inkuiri Terbimbing Berbasis Assesment Portofolio terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian Pasca Sarjana. Undiksha, Bali.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860