Profil Pemahaman Konsep Limit Fungsi Mahasiswa Calon Guru Kategori Berkemampuan Matematika Tinggi

Saleh Saleh, I Ketut Budayasa, Agung Lukito

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya adalah mahasiswa calon guru dari Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO, penentuannya didasarkan pada hasil TKM. Data penelitian yang valid dan kredibel dijadikan bahan dalam melakukan analisis secara komprehensif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian yang disajikan berdasarkan kategori adalah: (1) merepresentasikan suatu masalah dalam limit fungsi, ST memiliki konsistensi dalam menjelaskan pemahamannya terkait penyajian suatu masalah kontekstual yang dapat direpresentasikan dalam konsep limit fungsi, (2) definisi limit fungsi, ST menuliskan definisi limit fungsi baik secara intuisi maupun formal, (3) dekonstruksi definisi limit fungsi, ST menuliskan beberapa komponen atau unsur pembangun definisi  limit fungsi, (4) pembedahan fungsi ditinjau dari ada atau tidak punya limit di suatu titik tertentu, ST memberikan contoh dan menjelaskan suatu fungsi mempunyai limit atau tidak di suatu titik tertentu, (5) evaluasi suatu algoritma limit fungsi, ST menunjukkan kesalahan algoritma dari penyelesaian soal limit fungsi yang diberikan dan menunjukkan sifat yang benar, (6) penerapan prinsip limit fungsi, ST menyelesaikan soal yang diberikan dengan cara menunjukkan apakah fungsi tersebut mempunyai limit kiri, limit kanan dan besar nilai sama, dan (7) eksistensi limit fungsi, ST mengidentifikasi unsur limit, melakukan perencanaan dan eksekusi pembuktian, dan memberikan kesimpulan atau konklusi pembuktian tersebut.


Keywords


kemampuan matematika; limit fungsi; pemahaman.

Full Text:

UNDUH

References


Asdar, (2012). Profil Konflik Kognitif Mahasiswa dalam Pemahaman Limit Ditinjau dari Perbedaan Kalkulus. Ringkasan Disertasi. (Universitas Negeri Surabaya).

Barmby, P., Harries T., Higgins, S. & Suggate J. (2007). How Can We Asses Mathematical Understanding?. In Proceedings of The 31st Conference of The International Group for The Psychology of Mathematics Educations, 2, 41-48.

Fahrudin, A. G., Zuliana, E. & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathamatic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1

Godino, J. D. (1996). Mathematical concepts, their meanings and understanding. In PME Conference: The Program Committee of the 18th PME Conference, 2, 2-417.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haylock, D., & Cockburn, A. D. (2008). Understanding mathematics for young children: A guide for foundation stage and lower primary teachers. Sage.

Hiebert, J., & Carpenter, T. P. (1992). Learning and teaching with understanding. Handbook of research on mathematics teaching and learning: A project of the National Council of Teachers of Mathematics.

Holisin, I. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3).

Jafar. (2016). Profil Pemahaman Mahasiswa Matematika Terhadap Konsep Grup Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Disertasi. (Universitas Negeri Surabaya).

Minggi, I. (2010). Profil Intuisi Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Limit Fungsi Berdasarkan Perbedaan Gender. Disertasi. (Universitas Negeri Surabaya).

Mokwebu, D. J. (2013). An exploration of the growth in mathematical understanding of grade 10 learners. Doctoral dissertation. (University of Limpopo).

Munggaranti, A. N. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Berprograma Tipe Bercabang Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMK. Skripsi. (Universitas Pendidikan Indonesia)

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.

Siswono, T. Y. (2007). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi. (Universitas Negeri Surabaya).

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919-1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635

Skemp, R. R. (1987). The Psychology of Learning Mathematics. Psychology Press.

Soedjadi, R. (1994). Dasar-Dasar Matematika. Surabaya: IKIP Surabaya Press.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, H. A. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah Pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, 14, 189-196.

Usiskin, Z. (2012). What Does It Mean To Understand Some Mathematics?. 12th International Conggress on Mathematical Education. COEX, Seoul, Korea.

Wandi, S., Nurharsono, T. & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Pysical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524-535. https://doi.org/10.15294/active.v2i8.1792




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v13i1.24251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860