Eksplorasi Kemandirian Belajar Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemandirian belajar siswa berdasarkan kemampuan matematika dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas VIII SMP di kecamatan Loghia yang berjumlah 87 siswa terdiri dari SMP Negeri 1 Loghia, SMP Negeri 2 Loghia, SMP Negeri 3 Loghia, dan SMP Negeri 4 Loghia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini terlebih dahulu dilakukan pengelompokan kemampuan matematika siswa yakni kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Kategori kemampuan matematika tinggi berjumlah 10 siswa, kemampuan matematika sedang berjumlah 12 orang, dan kemampuan matematika rendah berjumlah 66 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa SMP di Kecamatan Loghia pada kelas VIII berdasarkan kemampuan matematika yakni siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada tingkatan kemandirian belajar tinggi, siswa berkemampuan matematika sedang berada pada tingkatan kemandirian tinggi, dan siswa berkemampuan matematika rendah berada pada tingkatan kemandirian sedang dan tingkatan kemandirian rendah. Kemampuan matematika siswa masih banyak pada kategori rendah.
Keywords
Full Text:
UNDUHReferences
Alsalamah, N. A., Zaenuri, Z., & ... (2020). Eksplorasi Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa di Era Pandemi. Prosiding Seminar Pascasarjana, 195-199. Retrieved form https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/626/544.
Apriliani, F. A. & Sutama. (2017). Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika, 1-9. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/8794
Beishuizen, J., & Steffens, K. (2011). A Conceptual Framework for Research on Self-Regulated Learning. In R. Carneiro, P. Lefrere, K. Steffens, & J. Underwood (Eds.), Self-regulated Learning in Technology Enhanced Learning Environments. Technology Enhanced Learning, 5. https://doi.org/10.1007/978-94-6091-654-0_1.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fajriyah, L, Nurgraha, Y., Akbar, P. & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66
Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300
Hidayati, K. & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1), 84–99. https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977
Huda., Mulyono., Rosyida. & Wardono. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798–806. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29270
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R. & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528.
Izzati, N. (2017). Penerapan PMR Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30-49. https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.283.
Kurnia, D. & Warmi, A. (2020). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Fase-fase Self-Regulated Learning. Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 386–391. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id//index.php/sesiomadika
Maharga, Y. G. & Wijayanti, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. MATHEdunesa 8(2), 277–282. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p277-282
Novi, F. S., Umari, T. & Asyari, A. (2013). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Self Regulation Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Retrieved March 9, 2022, from https://www.semanticscholar.org
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1e), 1214–1223. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Suhendri, H. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional. Yogyakarta: FMIPA UNY. Retrieved from http://eprints. uny. ac. id/8082/1/P.
Suhendri, H. & Mardalena, T. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Sumarmo, U. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI
Wahyu, H. & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Logis Matematik Serta Kemandirian Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v2i1.94
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v13i1.23013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860