Eksplorasi Kemandirian Belajar Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Pembelajaran Matematika

Sri Anandari Safaria, Yuslianti Yuslianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemandirian belajar siswa berdasarkan kemampuan matematika dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas VIII SMP di kecamatan Loghia yang berjumlah 87 siswa terdiri dari SMP Negeri 1 Loghia, SMP Negeri 2 Loghia, SMP Negeri 3 Loghia, dan SMP Negeri 4 Loghia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini terlebih dahulu dilakukan pengelompokan kemampuan matematika siswa yakni kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Kategori kemampuan matematika tinggi berjumlah 10 siswa, kemampuan matematika sedang berjumlah 12 orang, dan kemampuan matematika rendah berjumlah 66 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa SMP di Kecamatan Loghia pada kelas VIII berdasarkan kemampuan matematika yakni siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada tingkatan kemandirian belajar tinggi, siswa berkemampuan matematika sedang berada pada tingkatan kemandirian tinggi, dan siswa berkemampuan matematika rendah berada pada tingkatan kemandirian sedang dan tingkatan kemandirian rendah. Kemampuan matematika siswa masih banyak pada kategori rendah.


Keywords


kemandirian belajar; kemampuan matematika; pembelajaran matematika.

Full Text:

UNDUH

References


Alsalamah, N. A., Zaenuri, Z., & ... (2020). Eksplorasi Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa di Era Pandemi. Prosiding Seminar Pascasarjana, 195-199. Retrieved form https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/626/544.

Apriliani, F. A. & Sutama. (2017). Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika, 1-9. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/8794

Beishuizen, J., & Steffens, K. (2011). A Conceptual Framework for Research on Self-Regulated Learning. In R. Carneiro, P. Lefrere, K. Steffens, & J. Underwood (Eds.), Self-regulated Learning in Technology Enhanced Learning Environments. Technology Enhanced Learning, 5. https://doi.org/10.1007/978-94-6091-654-0_1.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fajriyah, L, Nurgraha, Y., Akbar, P. & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

Hidayati, K. & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1), 84–99. https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Huda., Mulyono., Rosyida. & Wardono. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798–806. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29270

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R. & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528.

Izzati, N. (2017). Penerapan PMR Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30-49. https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.283.

Kurnia, D. & Warmi, A. (2020). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Fase-fase Self-Regulated Learning. Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 386–391. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id//index.php/sesiomadika

Maharga, Y. G. & Wijayanti, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. MATHEdunesa 8(2), 277–282. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p277-282

Novi, F. S., Umari, T. & Asyari, A. (2013). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Self Regulation Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Retrieved March 9, 2022, from https://www.semanticscholar.org

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1e), 1214–1223. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Suhendri, H. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional. Yogyakarta: FMIPA UNY. Retrieved from http://eprints. uny. ac. id/8082/1/P.

Suhendri, H. & Mardalena, T. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Sumarmo, U. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI

Wahyu, H. & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Logis Matematik Serta Kemandirian Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v2i1.94




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v13i1.23013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860