Penggunaan Edmodo dalam Proses Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Matematika

Nur Ismiyati, Ryan Angga Pratama

Abstract


Pendidikan di era teknologi mewajibkan setiap pendidik untuk menerapkan dan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi  baik secara terintegrasi, sistematis, dan efektif. Salah satu contohnya adalah dengan proses pembelajaran dalam bentuk e-learning berbasis edmodo. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan e-learning berbasis edmodo, kelebihan dan kekuranggan penggunaan edmodo dan saran untuk edmodo dalam proses pembelajaran kedepannya di lingkungan program studi pendidikan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini sebanyak 13 orang mahasiswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Dimensi penelitian yang ingin didapatkan adalah keaktifan di dalam kelas dan cara pengungkapan ide dan gagasan secara virtual.  Hasilnya menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan secara aktif dan menyenangkan, kefleksibelan waktu dan tempat dalam pelaksanaanya, melatih disiplin mahasiswa dalam menghadiri perkuliahan online dan mengumpulkan tugas. Walaupun demikian kekurangan proses pembelajaran dengan edmodo yakni ketergantungan dengan alat elektronik dan akses penggunaan jaringan internet.

Keywords


edmodo; pembelajaran elektornik; teknologi informasi dan komunikasi.

Full Text:

UNDUH

References


Alshawi, S. T., & Alhomoud, F. A. (2016). The Impact of Using Edmodo on Saudi University EFL Students’ Motivation and Teacher-Student Communication. International Journal of Education, 8(4), 105-121.

Anderson, J. (2010). ICT Transforming Education: A Regional Guide. Bangkok: UNESCO

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150.

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 10-20.

Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Business. Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 43-49.

Dogoriti, E., & Pange, J. (2014). Instructional Design for a "Social" Classroom: Edmodo and Twitter in the Foreign Language Classroom. Proceedings International Conference on Information Communication Technologies in Education (IICTE), 154-165.

Dwiyogo, W. D. (2018). Developing a Blended Learning-Based Method for Problem-Solving in Capability Learning. Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 51-61.

Fardoun, H., Alghazzawi, D., Romero, S., Penichet, V., & Gallud, J. (2012). Online Social Networks Impact in Secondary Education. International Workshop on Evidence-Based Technology Enhanced Learning Advances in Intelligent and Soft Computing, 152(1), 37-45.

Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 63-68. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2200

Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek Dan Efektivitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 180-187. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201633193

Istiqomah, S. B. T., & Azizah, N. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) Di Prodi D-III Kebidanan FIK Unipdu Jombang. EduHealth, 3(2), 103-113.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41-54.

Kongchan, C. (2012). How a Non-Digital-Native Teacher Makes Use of Edmodo. Retrieved December 28, 2020, from https://conference.pixel-online.net/conferences/ICT4LL2012/common/download/Paper_pdf/90-IBT18-FP-Kongchan-ICT2012.pdf

Kurniabudi, K., & Assegaf, S. (2018). Persepsi Kesesuaian dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial pada Perkuliahan: Pengujian Model. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(6), 659-666.

Nasrullah, A., Ende., & Suryadi. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematis. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 1-10.

Rulviana, V. (2018). Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 8(2), 205-208.

Sanders, K. S. (2012). An Examination of the Academic Networking Site Edmodo on Student Engagement and Responsible Learning (Doctoral Dissertation). (University of South Carolina). Retrieved from https://scholarcommons.sc.edu/etd/873/

Seamolec. (2013). Sumber Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec.

Suharyanto., & Mailangkay, A. B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 4(3), 17-21.

Trisniawati., Muanifah, M. T., & Ardiyaningrum, M. (2018). Penerapan E-Learning Edmodo Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 509-514. http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v5i1.3175

Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Journal Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 76-81. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v1i2.600

Zaka, P. (2013). A Case Study of Blended Teaching and Learning in a New Zealand Secondary School, Using an Ecological Framework. DEANZ the Journal of Open, Flexible, and Distance Learning, 17(1), 24-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v12i1.15842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860