Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Sabri Amin, Kamid Kamid, Muhaimin Muhaimin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajara siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan non equivalen pretest and posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk melihat hasil belajar matematika, dan angket untuk melihat gaya belajar siswa. Analisis data menggunakan uji non parametrik Kruskal- Wallis pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat pengaruh pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat dilihat dari hasil uji hipotesis Kruskal-Walis adalah nilai Asyim.sig < 0,05 maka dapat diketahui bahwa 0,018 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 19 Kerinci; (2) tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 19 Kerinci berdasarkan hasil uji dapat dilihat dari nilai Asym.sig > 0,05 maka dapat diketahui bahwa 0,980 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran koperatif tipe STAD dan gaya belajar siswa SMP Negeri 19 Kerinci; (4) rata-rata hasil belajaran kelas yang menggunakan model STAD 68,29, kelas yang menggunakan model STAD dengan media 69,34, dan sedangkan kelas yang menggunakan pedekatan konvensional 61,04.


Keywords


gaya belajar; hasil belajar; STAD.

Full Text:

UNDUH

References


Afiatman, N. H., Samparadja, H., & Anggo, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 1-14. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277

Amiruddin & Minggi, I. (2019). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Saintifik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25-32.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307

Farman, Chairuddin, & Hali, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(2), 82-91. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.2.2019.82-91

Haris, I. N. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD Terhadap Sikap Tanggung Jawab. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1).

Jamuri, Kosim, & Doyan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian pendidikan IPA (JPPIPA), 1(1), 123-134. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i1.11

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2014). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291-297. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816

Natalia, Zulkarnain, & Yolanda, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN. AKSIOMATIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 75-82.

Patiung, A., Mulyati, S., & Sutawidjaja, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4), 540—549. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8847

Putri, I. P. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal JPSD (Jurnal pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 128-134. http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v5i1.12573

Putri, K. C., & Sutriyono. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295-305. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358

Sandika, V. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Lanjutan di Prodi Akuntansi. (Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/18518/

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Syarfuni & Verawati. (2017). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2016 STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 75-83.

Syukur. M., & Misu, L. (2016I. Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 153-166.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2016). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(1), 42-54. http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.215

Zariah, A., Kodirun, & Masi, L. (2019). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 15-28. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8266




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860