Penerapan Alat Peraga Kupat Isabel pada Sistem Persamaan Linear Satu Variabel
Abstract
Keywords
Full Text:
UNDUHReferences
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.
Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2), 204–214. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1188
Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553–558.
Fitriatien, S. R. (2020). Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51–66. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10053
Hamdani, D., Eva, K., & Indra, S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 79–88.
Hanifah. A.N., & Setianingsih, R. (2014). Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Mojokerto dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 3(3), 97–102.
Harsono, D. N., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Permainan Domat Card Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1–13.
Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418
Irawan, A. (2015). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 4, 651–658.
Istiqomah, A. D., & Setianingsih, R. (2014). Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel dan Pemberian Scaffolding untuk Mengatasinya. MATHEdunesa, 3(2), 22–29.
Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics) 1(2), 64–71. http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.350
Kantohe, E. (2013). Penggunaan Alat Peraga Papan Geometri dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Belah Ketupat dan Layang-Layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 87–100.
Kasim, S. R., Rochaminah, S., & Hadjar, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Alat Peraga Kartu Variabel dan Kartu Konstanta untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII MTsN Poso Pesisir. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 494–506.
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674
Lestariningsih, & Trismawati, A. (2020). Penerapan pendekatan PMRI pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 117–125. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10078
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Mukhibin, A., & Himmah, W. I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 4(2), 85–92. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4348
Nasriadi, A. (2016). Representasi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Alat peraga Model Cangkir dan Ubin pada Siswa Kelas VII SLTP. Numeracy : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.46244/numeracy.v3i2.204
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Nur, M., Salam, M., & Hasnawati. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99–112. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v4i1.3055
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rahmawati, N. D., Buchori, A., & Hermawan, J. S. (2017). Efektivitas Visualization Auditory Kinestetic Dan Two Stay Two Stray Berbantuan Lectora Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(2), 152–164. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1979
Setiawan, U. (2009). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan Kartu Variabel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Satu Variabel pada Peserta Didik Semester 1 Kelas VII Mts. NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2009-2010. IAIN Walisongo.
Setyawan, F. (2017). Profil Representasi Siswa Smp Terhadap Materi Plsv Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 82–90.
Sunandar, Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2016). Development of media kocerin (Smart box interactive) to learning mathematics in Junior High School. Global Journal of Pure and Applied Mathematics, 12(6), 5253–5266.
Suwardi, Firmiana, M. E., & Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297–305. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v2i4.177
Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45–57. https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.604
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860