Penerapan Alat Peraga Kupat Isabel pada Sistem Persamaan Linear Satu Variabel

Riski Rosmawanti, Heni Pujiastuti

Abstract


Alat peraga digunakan untuk memudahkan memahami konsep matematika dari abstrak menjadi konkrit. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui persentase prestasi belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Karang Tanjung  mengenai sistem persamaan linear satu variabel berbantuan alat peraga Kupat Isabel. Subyek dalam penelitian yaitu 20 siswa dan siswi kelas VII-H SMP Negeri 1 Karang Tanjung tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif deksriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu melalui tes berupa essay dan wawancara. Analisis yang digunakan dalam hasil tes yaitu  menggunakan rumus  persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa  penerapan alat peraga Kupat Isabel terhadap kasus kesetaraan pada materi persamaan linear satu variabel adalah baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 80% dari 20 siswa dan siswi kelas VII-H SMPN 1 Karang Tanjung  memperoleh nilai evaluasi pembelajaran diatas KKM, yakni  ≥ 60. Hal tersebut menunjukan bahwa alat peraga Kupat Isabel efektif jika diterapkan pada siswa dan siswi sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII

Keywords


kupat isabel; prestasi belajar; sistem persamaan linear satu variabel

Full Text:

UNDUH

References


Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.

Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2), 204–214. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1188

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553–558.

Fitriatien, S. R. (2020). Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51–66. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10053

Hamdani, D., Eva, K., & Indra, S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 79–88.

Hanifah. A.N., & Setianingsih, R. (2014). Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Mojokerto dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 3(3), 97–102.

Harsono, D. N., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Permainan Domat Card Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1–13.

Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418

Irawan, A. (2015). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 4, 651–658.

Istiqomah, A. D., & Setianingsih, R. (2014). Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel dan Pemberian Scaffolding untuk Mengatasinya. MATHEdunesa, 3(2), 22–29.

Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics) 1(2), 64–71. http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.350

Kantohe, E. (2013). Penggunaan Alat Peraga Papan Geometri dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Belah Ketupat dan Layang-Layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 87–100.

Kasim, S. R., Rochaminah, S., & Hadjar, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Alat Peraga Kartu Variabel dan Kartu Konstanta untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII MTsN Poso Pesisir. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 494–506.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674

Lestariningsih, & Trismawati, A. (2020). Penerapan pendekatan PMRI pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 117–125. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10078

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Mukhibin, A., & Himmah, W. I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 4(2), 85–92. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4348

Nasriadi, A. (2016). Representasi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Alat peraga Model Cangkir dan Ubin pada Siswa Kelas VII SLTP. Numeracy : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.46244/numeracy.v3i2.204

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Nur, M., Salam, M., & Hasnawati. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99–112. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v4i1.3055

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahmawati, N. D., Buchori, A., & Hermawan, J. S. (2017). Efektivitas Visualization Auditory Kinestetic Dan Two Stay Two Stray Berbantuan Lectora Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(2), 152–164. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1979

Setiawan, U. (2009). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan Kartu Variabel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Satu Variabel pada Peserta Didik Semester 1 Kelas VII Mts. NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2009-2010. IAIN Walisongo.

Setyawan, F. (2017). Profil Representasi Siswa Smp Terhadap Materi Plsv Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 82–90.

Sunandar, Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2016). Development of media kocerin (Smart box interactive) to learning mathematics in Junior High School. Global Journal of Pure and Applied Mathematics, 12(6), 5253–5266.

Suwardi, Firmiana, M. E., & Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297–305. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45–57. https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.604




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

 
About license:
 
Creative Commons License
 
Jurnal Pendidikan Matematika is Open-Access. The articles distributed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) 
 


Penerbit

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Phone Number / WhatsApp : 04013127180 / 085341614860