Pengaruh Self Assessment System dan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Kendari

Dian Mayafaty Rauf, Ishak Awaluddin, Muntu Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Self Assessment System dan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Kendari. Variabel dalam penelitian ini adalah Self Assessment System dan Pelaporan SPT sebagai variabel bebas, serta Kepatuhan Wajib Pajak sebagai variabel terikat.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis regresi linier berganda yang diolah melalui software IBM SPSS versi 21, yang dijelaskan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial self assessment system berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai probability 0.034 < 0.05, dan pelaporan SPT berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai probability 0.000 < 0.05.

Kata Kunci : Self Assessment System, Pelaporan SPT, Kepatuhan Wajib Pajak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.