ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI PADA DESA MATAHOALU KECAMATAN UEPAI KABUPATEN KONAWE)

Sri Widati, Andi Basru Wawo, Abdul Azis Muthalib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengelolaan keuangan desa di Desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe tahun Anggaran 2016-2017, 2) Mengetahui dan menganalisis tingkat efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe tahun Anggaran 2015-2017.

Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe dan dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan April 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang dimaksud untuk mendapatkan gambaran dan keterangan-keterangan mengenai respon dari para perangkat desa terhadap pengelolaan keuangan desa di Desa Matahoalu.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Tahap perencanaan pengelolaan keuangan desa telah sesuai dengan Permendagri No113/2014.  2) Pelaksanaan pengelolaan keuangan desa Matahoalu pada prinsipnya telah dilaksanakan berdasarkan regulasi yang ada. Namun secara administrasinya belum semua tahapan pelaksanaan dilakukan. 3) Penatausahaan pengelolaan keuangan desa Matahoalu secara administrasi sudah sesuai dengan regulasi.4) Pelaporan pengelolaan keuangan desa Matahoalu belum sepenuhnya dilaksanakan. 5) Pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa belum sepenuhnya dilaksanakan. 6) Tingkat efisiensi pengelolaan  keuangan desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kebupaten Konawe masuk dalam kategori kurang efisien, hal ini dikarenakan masih tingginya tingkat pengeluaran desa bila dibandingkan dengan pendapatan desa. 7) Tingkat efektivitas pengelolaan keuangan desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe masuk dalam kategori efektif.

 

Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan Desa, Efisiensi dan Efektivitas.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpep.v3i1.8063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.