ANALISIS PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK, PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK, TARIF PAJAK DAN PENERBITAN SURAT PAKSA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN DI KOTA KENDARI

Petrus Manna, Rosnawintang Rosnawintang, Ambo Wonua Nusantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan, Penghasilan Tidak Kena Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan, Tarif Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilann dan Penerbitan Surat Paksa terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di Kota Kendari. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa Penerimaan Pajak Penghasilan Tahun 2008-2017 dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif dengan pendekatan rumusan masalah deskriptif dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan Software SPSS statistik 23..

            Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemeriksaan Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan, (2) Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan,  (3) Tarif Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan dan (4) Penerbitan Surat Paksa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di Kota Kendari.

 

Kata Kunci : Pemeriksaan Pajak, Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), Tarif Pajak Penerbitan Surat Paksa dan Penerimaan Pajak Penghasilan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpep.v3i1.8061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.