DILEMA ETIS BAGI AUDITOR INTERNAL PEMERINTAH DAERAH (Studi Fenomenologi Pada Auditor Internal Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara)

Supriyadi Supriyadi, Hasan Aedy, La Ode Anto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi fakta secara empiris mengenai pemaknaan, rekontruksi tindakan terhadap dilema etis yang menimpa auditor internal pemerintah daerah pada inspektorat provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendengakatan studi fenomenologi. Penelitian ini juga  menggunakan Paradigma Interpretif untuk memahami, mendeskripsikan, dan menjelaskan realitas dari dilema etis yang di alami auditor Internal pemerintah daerah.

Hasil penelitian yang dapat dijelaskan dalam penelitian ini adalah di temukan bahwa terdapat dilema etis Auditor Internal pemerintah daerah ketika melakukan proses audit dimana dilema itu adalah dilema yang di pengaruhi oleh individu auditor itu sediri berupa tekanan dari obrik, sevis, kerabat yang menjadi obrik. Disamping itu terdapat  dilema pada struktur dilingkungan auditor internal berupa tekanan atasan, faktor kurangnya sumberdaya manusia dan waktu yang sempit untuk digunakan untuk mengaudit. Kesadaran spiritual adalah kesadaran utama yang dijadikan fondasi untuk tetap bertindak etis, melahirkan keadaran yang lain yaitu kesadaran sosial, keadaran hukum, kesadaran profesi yang juga merupakan fondasi bagi auditor untuk berada pada Idealisme dan bertindak etis.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpeb.v4i1.6086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.