ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT. TOYOTA HADJI KALLA TOYOTA KENDARI PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dari PT. Hadji Kalla Toyota Kendari dalam meningkatkan kepuasan pelanggan selama masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk mendapatkan mendapatkan gambaran dan keterangan-keterangan terkait strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada masa Pandemi Covid-19 pada PT. Hadji Kalla Toyota Kendari. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis penelitian ini adalah analisis Stength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT). Hasil penelitian menemukan bahwa Faktor Internal pada PT. Hadji Kalla Toyota Kendari terdiri dari a)Kekuatan yang mencakup aspek tempat, jasa pelayanan dan fasilitas, kualitas pelayanan jasa dan kualitas SDM yang handal dan b)Kelemahan, yang mencakup harga jasa pelayanan yang mahal dan waktu penyelesaian servisi yang panjang, sementara faktor Eksternal PT. Hadji Kalla Toyota Kendari terdiri dari a)Peluang, yang mencakup pangsa pasar yang terbuka lebar, promosi dan diskon menarik, dan dukungan pemerintah, dan b)Tantangan, yang mencakup Dampak Pandemi Covid-19 terhadap industri otomotif, dan tantangan dari competitor lain.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Identifikasi faktor, Sektor Otomotif
Full Text:
PDFReferences
Amirullah, 2015. Manajemen Strategi : Teori-Konsep-Kinerja. Malang : Mitra Wacana Media.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Sari Kuliah. Bandung : Satu Nusa.
Hansermark, OC.,Albinsson,M. 2004. Customer Satisfaction and Retention : The experience of individual employess. Managing Servis quality,, 14(1), 40-57.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta
Husni, M. 2009. Manajemen Strategi. Kudus : Stain Kudus.
Kotler, Phillip. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhallindo.
Kotler, Phillip and Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kuswandi. 2004. Cara mengukur kepuasan kerja. Jakarta : Elexmedia Komputindo.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta
Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal Emba 1291 Vol 1 No 3 September 2013. Hal 1291-1301.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi
--------------------.2014. Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi
DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpep.v7i2.21350
Refbacks
- There are currently no refbacks.