Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa SMA Terhadap Matriks Ditinjau Dari Pengetahuuan Awal Matematika

Hermanto Hermanto, Kodirun Kodirun, Mustamin Anggo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tiga siswa SMA Negeri 6 Kendari yang terdiri dari satu siswa dengan pengetahuan awal tinggi, satu siswa dengan pengetahuan awal sedang, dan satu siswa dengan pengetahuan awal rendah. Instrumen dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu instrumen utama yang adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu sebagai pendukung. Teknik pengumpulan data yang dilakukaan dengan pemberian tes pembuktian matematis dan wawancara. Kemampuan siswa dalam melakukan pembuktian terhadap materi matriks diidentifikasi melalui kemampuan siswa dalam beragumentasi secara logis dan menggunakan simbol yang benar atau berdasarkan logika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik siswa dengan pengetahuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah kurang mampu dalam melakukan pembuktian matematis. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan pengetahuan awal matematika tinggi lebih memiliki kemampuan pembuktian matematis dibandingkan dengan siswa yang memiliki pengetahuan awal sedang dan rendah.

Kata Kunci: Kemampuan Pembuktian Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.

Abstract: This research is an explorative research with qualitative approach. The subjects of this research were three students of SMA Negeri 6 Kendari consisting of one student with high prior knowledge, one student with moderate prior knowledge, and one student with low prior knowledge. There are two kinds of Instruments in this research, the main instrument that is the researcher himself and the auxiliary instrument as a supporter. Data collection techniques conducted with mathematical proving tests and interviews. he students 'ability to prove the matrix subject is identified through the students' ability to logically argue and use the correct or logical symbols. The results showed that students with high, moderate and low prior mathematical knowledge were less able to perform mathematical prove. In addition, the results showed that students with a high prior mathematical knowledge had more mathematical proving capability than students with moderate and low prior knowledge.

 

Key words: Mathematical proving Ability, Prior Knowledge of Mathematics


Full Text:

PDF

References


Arnawa, M I. (2009). Mengembangkan kemampuan Mahasiswa dalam memvalidasi bukti pada aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Apos; Jurnal Matematika dan Sains, vol.14, no.2, hal 62.

de Villiers, M. (1990)). The Role and Function of Proof in Mathematics. Pythagoras, 24, 17-24.

Hanna, G. (2000). A Critical Examination of Three Factors in the Decline of Proof. Interchange, 31(1), hal 21-33

Hanna, G. (2000). Proof, explanation and exploration: An overview. Educational Studies In Matemhatics, 44, hal 5-23

Hernandi, J. (2008). Metoda pembuktian dalam matematika; Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1, hal 1

Hoyles, C. (1997). The Curricular Shaping of Students Approaches to Proof. For the Learning of Mathematics, 17(1), 7-16.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud RI nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi

Lee, J. K. (2002). Philosophical Perspective on Proof in Mathematics Education. Philosophy of Mathematics Education Journal, 16. Diakses tanggal; 11 desember 2017, dari laman http://www.ex.ac.uk./~PErnest/ pome16/docs/lee.pdf.

Putra, Dwi, Harry. (2011). Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Savi Berbatuan Wingeom untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP. Stkip Siliwangi.ac.id: Prosiding

Samad. A. (2012). Pengaruh penerapan pembelajaran denga concept-mapping dan pengetahuan dasar matematika terhadap kemampuan pembuktian matematika siswa sma. Kendari: Tesis Tidak Dipublikasikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






About license: 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo,
Kampus Abdullah Silondae,
Jl. Mayjend. S. Parman, Kemaraya – Kendari 93121
Sulawesi Tenggara – Indonesia
» Tel / fax : 04013127180 / 04013127187