Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Sayana Sayana, Zamsir Zamsir, Makkulau Makkulau

Abstract


Abstrak: Hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 9 Kendari masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan anggapan siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, proses pembelajaran bersifat pasif dan soal-soal yang diberikan monoton pada soal konseptual saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari Kota Kendari. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas VIII4 dan kelas VIII3. Penelitian ini merupakan quasi experimental dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan tes hasil belajar matematika sebelum dan setelah diberi perlakuan. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar matematika siswa di kedua kelas model pembelajaran. Selain itu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa, dimana kelas yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah peningkatannya lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (thit = 2,565 dengan signifikansi 0,000<0,05).

Kata kunci : Hasil belajar matematika, model pembelajaran berbasis masalah

 

Abstract: The result of student’ mathematics learning SMPN 9 Kendari is still relative low. This is due the assumption of students that mathematics is a difficult subject, the learning process is passive and problem given the monotony in a matter of conceptual only. This study aims to determine whether the result of students who are taught mathematics learning with problem based learning model is better than the students who are not taught with problem based learning model. The study populations were students of class VIII SMP Negeri Kendari. Samples were taken by random sampling technique that is class VIII4 and VIII3. This study is a quasi-experimental design with pretest-posttest control group design. The data of mathematics learning result were collected via learning mathematics achievement test before and after being treated. Analysis of data was using the t-test. Based on the result of data analysis, concluded that there was a significant increase learning result on both of classes learning model. In addition there are differences in mathematics learning result of students, where the class was taught with problem based learning is better than the class that are not taught with problem based learning model (tcount = 2,565 at the significance of 0,000 < 0,05).

Keyword: Result Of Mathematics Learning, Problem Based Learning Model.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v3i1.7237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About license: 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo,
Kampus Abdullah Silondae,
Jl. Mayjend. S. Parman, Kemaraya – Kendari 93121
Sulawesi Tenggara – Indonesia
» Tel / fax : 04013127180 / 04013127187