Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper Dan Textbook Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa

M. Tahir, Asrul Sani, Hafiludin Samparadja

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran TTW dengan menggunakan media pembelajaran quipper dan penerapan model pembelajran TTW dengan textbook terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random class. Data dianalisis dengan menggunakan Uji ANAVA dengan RAK dan Uji t Beda Dua Rataan dari data N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara signifikan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW+Quipper sebesar lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW+Teksbook sebesar ; (2) Secara signifikan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW+Quipper sebesar lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis  siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW+Teksbook sebesar ; (3) Secara signifikan rata-rata peningkatan kemampuan menulis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW+Quipper sebesar lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan  matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW+Teksbook sebesar 8.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Pembelajaran Think Talk Write, Quipper, Teksbook

Abstract: The purpose of this study was to determine the difference effect of TTW learning model application between Quipper learning media and learning models. TTW with textbooks on problem-solving skills in terms of students' mathematical dispositions. Sampling techniques used were purposive sampling and random class techniques. The data analyzed used ANOVA Test with RAK and two-sample t-test from N-Gain. The result of the study revealed that (1) significantly, the mean increase in the students' mathematical problem-solving abilities who taught by TTW + Quipper learning model was x ̅ = 0.483. It means, it was higher than the mean increase in students' mathematical problem solving abilities who taught by TTW + Textbook learning model where x ̅ = 0.2723; (2) significantly, the mean increase in students' mathematical problem solving abilities who taught by TTW + Quipper learning model was x ̅ = 0.3978. It was higher than the mean increase in students' mathematical problem solving abilities which was taught by TTW + Textbook learning model where x = 0.1436; (3) significantly, the mean increase in students' mathematical writing skills who taught by TTW + Quipper learning model was x ̅ = 0.2698. It was higher than the mean increase in students' mathematical solving abilities who taught by TTW + Textbook learning model where x ̅ = 0.196 8.

Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, Mathematical Disposition, Think Talk Write Learning, Quipper, Teksbook


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.6952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About license: 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo,
Kampus Abdullah Silondae,
Jl. Mayjend. S. Parman, Kemaraya – Kendari 93121
Sulawesi Tenggara – Indonesia
» Tel / fax : 04013127180 / 04013127187