Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Fadjra Ningsih, Muhammad Sudia, Jafar Jafar

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan profil pemecahan masalah matematis siswa SMP yang memiliki gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif yang memuat tahapan pemecahan Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih 2 siswa SMP, masing-masing 1 siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dan 1 siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian diketahui bahwa: 1) Pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah pada tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali, cenderung konseptual. 2) Pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah pada tahap memahami masalah, subjek impulsif cenderung proses berpikir konseptual sedangkan pada tahap membuat rencana,  melaksanakan rencana serta memeriksa kembali, cenderung semikonseptual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam memecahkan suatu masalah matematis memiliki karakteristik yang berbeda jika dilihat dari gaya kognitif. Hasil penelitian khususnya secara praktis dapat digunakan untuk mengkontruksi perbaikan pembelajaran matematik dalam mempertimbangkan gaya kognitif siswa untuk memperoleh hasil belajar siswa yang maksimal.

 Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif

 

Abstract:This study aims to reveal the mathematical problem solving profil of junior high school students who have reflective cognitive style and impulsive cognitive style that contain Polya’s stages of solving. The subjects of this study were selected 2 junior high school students, each 1 students who had a reflective cognitive style and 1 students who had an impulsive cognitive style. The results obtained in this study note that: 1) Mathematichal problem solving of students with reflective cognitive style in solving problems at the stage of understanding the problem, making plans carrying out plans and checking again, tends to be conceptual. 2) Mathematical problem solving of students with impulsive cognitive style in solving problems at the stage of understanding the problem, impulsive subjects tend to be conceptual thinking processes while at the stage of making plans, at the stage of implementing plans and checking again, tend to be semiconceptual. So it can be concluded that in solving a mathematical problem has different characteristics when viewed from cognitive style. The results of research in particular can be practically used to contruct mathematical learning improvements in considering students’ cognitive styles to obtain maximum students learning outcomes.

 Keywords:Mathematical Problem Solving, Cognitive Style

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Gerald, LM., Jr. 2002. An evolutionary theory of knowledge and conceptual evolution in science. Global Bioethics, 15(3): 73-80.

Kagan, J. 1965. Reflection-Impulsivity and Reading Ability in Primary Grade Children. Child Development. 36. 609-628.

NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. United States: Reston, VA Author.

Permendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Dirjen Pendidikan dan Keudayaan.

Permendikbud. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54, 64, 65 dan 70 Tahun 2013 Tentang, Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Isi dan Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK dan Kemendikbud : Jakarta. Tersedia: http://www.google.com/kemendikbud. Diakses: [ 6 Desember 2018]

Polya, G. (1973). How To Solve It, Second Edition, Princeton University Press, New Yersei.

Sudia, M. (2013). Profil Metakognisi Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif-Reflektif dalam Memecahkan Masalah Terbuka Materi Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. Surabaya: PPs-Unesa. (Disertasi tidak Dipublikasikan).

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri (Disertasi), PPS-Unesa, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v5i1.12878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About license: 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo,
Kampus Abdullah Silondae,
Jl. Mayjend. S. Parman, Kemaraya – Kendari 93121
Sulawesi Tenggara – Indonesia
» Tel / fax : 04013127180 / 04013127187