Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN  PENULISAN ARTIKEL  

Panduan penulisan artikel yang merupakan Hasil Penelitian atau setara hasil penelitian dalam Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika teridiri dari (i) Judul, (ii) Nama, alamat dan instansi penulis, (iii) Abstrak (Indonesia, Inggris),  (iv) Pendahuluan, (v) Metode, (vi) Hasil, (vii) Pembahasan, (viii) Kesimpulan dan Saran dan (ix) Daftar Rujukan, dengan rincian sebagai berikut:

JUDUL: Maksimum 12 kata sebagai rangkuman atau gabungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat ATAU Rangkaian kata lainnya yang menjelaskan hubungan antar variabel yang diperhatikan. judul juga dicantumkan versi bahasa inggris

NAMA dan ALAMAT PENULIS: Nama ditulis tanpa gelar, dan penulis utama yaitu penulis pertama dan penulis korespondensi. Instansi penulis ditulis secara lengkap dan e-mail dicantumkan hanya untuk penulis korespondensi. 

ABSTRAK: Mendeskrifkan secara ringkas hasil penelitian yang mencakup tujuan, metode, hasil  dan kesimpulan  dengan maksimum 250 kata yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris masing-masing dengan kata kunci minimal 3 kata.

PENDAHULUN: Bagian pendahuluan berisi latar belakang masalah atau analisis pentingnya pelaksanaan penelitian, faktor penyebab masalah, kajian pemecahan masalah atau alternatif pemecahan masalah, tujuan penelitian/penulisan, dan rangkuman kajian teoretis dan/atau empiris yang berkaitan dengan masalah yang diteliti/dikaji atau pemecahan masalah yang dilakukan. Pada bagian ini dapat juga dimuat harapan dari hasil penelitian/kajian. Panjang bagian pendahuluan sekitar 15-20% dari seluruh halaman artikel.

METODE: Bagian ini menjelaskan tentang pelaksanaan penelitian/kajian itu. Pada bagian ini paling tidak terjabarkan jenis penelitian, rancangan penelitian, populasi dan sampel (subjek penelitian), teknik dan alat pengumpulan data, dan teknik analisis data. Jika penelitian tersebut menggunakan alat dan bahan, maka perlu dituliskan spesifikasi alat dan bahan yang digunakan.

HASIL: Bagian ini merupakan bagian utama artikel hasil penelitian. Sajikan hasil analisis data dan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan. Tabel dan gambar/grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal. Tabel dan gambar/grafik harus diberi penjelasan. Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Nama tabel ditempatkan di atas tabel. Nama gambar ditempatkan di bagian bawah gambar. Penomoran tabel dimulai dari nomor 1, misalnya Tabel 1, dan seterusnya. Saat merujuk suatu tabel/gambar, tuliskan tabel/gambar dimaksud, misalnya Tabel 1 atau Gambar 1

PEMBAHASAN:  Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk menjelaskan hasil atau temuan penelitian sesuai dengan rumusan masalah atau pertanyaan penelitian. Penjelasan pada bagian ini dapat berupa proses pemerolehan hasil penelitian, interpretasi atau penafsiran hasil, pengaitan hasil penelitian dengan kajian teori atau hasil penelitian orang lain, dan memunculkan temua berupa teori-teori baru atau modifikasi teori yang telah ada.

Penting diketahui bahwa penyajian pembahasan hasil penelitian yang dikaitkan dengan gagasan atau hasil penelitian orang lain akan sangat memperkuat dan memperkaya gagasan penulisan suatu artikel hasil penelitian. Gagasan atau hasil penelitian yang telah lebih dulu diungkapkan oleh orang lain tersebut dapat dijadikan acuan, pembanding, dan/atau sumber rujukan yang dimasukkan ke dalam daftar pustaka. Panjang bagian hasil sekitar 30-35 % dari seluruh halaman.

KESIMPULAN DAN SARAN:  Simpulan menyajikan jawaban atas pertanyaan penelitian. Berdasarkan penyajian hasil penelitian tersebut disampaikan saran tindak lanjut yang dapat diajukan untuk peneliti selanjutnya atau penelitian yang relevan dengan fokus kajian pada artikel tersebut. Panjang bagian simpulan sekitar 5-10 % dari seluruh halaman. dengan mengemukakan saran-saran untuk mengaplikasikan hasil temuan tersebut atau saran lain yang relefan dengan temuan dalam penelitian.

DAFTAR RUJUKAN:   Daftar pustaka disajikan dengan penulisan dalam huruf Times New Roman 12, spasi 1, spasi before 6 pt, after 6 pt, diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Contoh tata cara penulisan daftar pustaka dapat dilihat pada bagian berikut.

Chassapis, D. 2002. A Framing of The World by Mathematics: A Study of Word Problems in Greek Primary School Mathematics Textbooks. Athena: University of Athens.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.