PENGEMBANGAN MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI PASAR MODAL DI SMA NEGERI 1 WANGI-WANGI

Hedi Hedi, Rizal Rizal, Muhammad Ilham

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembanggkan modul menggunakan aplikasi sigil pada materi pasar modal, 2) Mengetahui respon siswa terhadap modul menggunakan aplikasi sigil pada materi pasar modul. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan 4D.Instrumen yang di gunakan dalam pengambilan data dalam peneltian ini adalah wawancara dan angket.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Hasil penilaian dari ahli materi 1 untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 84,00% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli materi 2 mendapatkan rerata skor sebesar 81,58% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli materi 3 mendapatkan rerata skor sebesar 77,63% dalam kategori baik. Hasil penilaian dari ahli media 1 untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 77,28% dalam kategori baik, hasil penilaian dari ahli media 2 mendapatkan rerata skor 80,56% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli media 3 mendapatkan rerata skor sebesar 84,72% dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian dari uji coba kelompok pertama untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor 87,21% dalam kategori sangat baik.  Hasil penilaian dari uji coba Kelompok kedua untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 88,71% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul menggunakan aplikasi Sigil dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Keywords


Modul, Aplikasi Sigil, Pasar Modal

Full Text:

PDF

References


Fitri, Anisa. 2019. Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Kadau, C. 2001. The Advantages Of Modular Education, Proquest Teach Direction. 61(4), 30.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Academia.

Lidy, Fitri, dkk. 2013. Pengembangan Modul Fisika Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains Untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi, Vol. 3, No. 1.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Membuat Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Pres.

Purnama, Farisa Laili. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving Pada Tema 6 Subtema Tubuh Manusia Kelas V SD/MI.Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rinsiyah, Lis. 2016. Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL Untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4 (2), 2016, 152-162. ISSN: 1410-1866.

W. S. Winkel. 2009. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Edi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wijayanto, dkk. 2016. Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding mathematics and sciences forum, 626-628 http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/viewfile/487/436/(diakses pada 20 januari 2016.

Yogiswara, Swaji Caraka. 2019. Pengembangan Modul Berbasis E-Book Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit

Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Gedung FKIP Ruangan Jurusan Pendidikan Ekonomi Lantai 2, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara Kode Pos 93132.