PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS VIDEO ANIMASI BERGERAK DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KULISUSU

ovin tamala, Abdullah Igo B.D, Rizal Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran ekonomi berbasis video animasi bergerak dengan menggunakan adobe after effect kelas XI di SMA Negeri 2 Kulisusu. Jenis penelitian (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari model desain pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu proses definisikan, proses desain dan proses pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran ekonomi dan sasaran subjek uji coba yakni siswa kelas XI IPS, jumlah uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 orang siswa. Instrument pengumpulan data yaitu berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis video animasi bergerak, yaitu materi permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi menggunakan model pengembangan 4D. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan jumlah rata-rata skor keseluruhan 96,87% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan jumlah rata-rata skor keseluruhan 94,16% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian kelayakan oleh guru mata pelajaran ekonomi mendapatkan jumlah rata-rata skor keseluruhan 97,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian uji coba kelompok kecil mendapat skor keseluruhan 98,69% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian uji coba kelompok beasr mendapat skor keseluruhan 95,36% termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa media pembelajaran ekonomi berbasis video animasi bergerk dengan menggunakan adobe after effect kelas XI di SMA Negeri 2 Kulisusu sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran

Keywords


Media, Mata Pelajaran Ekonomi, Video, Animasi Bergerak, Adobe After Effect

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyanti. (2001) Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 8(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Sukwiaty. (2007). Ekonomi 1 Untuk Kelas 1. Jakarta: Yudhistira

Winarno, sigit, dan Ismaya, Sujana. (2007). Kamus Besar Ekonomi. Jakarta: Pustaka Grafika

Warsita, Graham. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualam Di SMK Ketintang Surabaya. Universitas Negeri Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jopspe.v6i4.22882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit

Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Gedung FKIP Ruangan Jurusan Pendidikan Ekonomi Lantai 2, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara Kode Pos 93132.