EFEKTIVITAS PROSEDUR PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA CV. BOMBANA RAYA DIKELURAHAN LAMPOPALA KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN BOMBANA

Wilda Ningsih, Murniati Murniati, Murni Nia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prosedur penggajian dan  pengupahan yang diterapkan di CV. Bombana Raya sudah efektif Untuk menunjang ke lancaran pembuatan tepung pada perusahaan ini adalah prosedur penggajian dan pengupahan. Hal ini dikarenakan prosedur penggajian dan pengupahan sangat erat kaitannya dengan karyawan. Selain itu dalam prosedur penggajian dan pengupahan terdapat banyak dokumen-dokumen yang digunakan untuk menentukan besarnya gaji dan upah yang diterima karyawan dan juga dokumen-dokumen tentang produktivitas karyawan. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan prosedur penggajian dan pengupahan menjadi sangat penting dalam menunjang kelancaran oprasional perusahaan. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang setiap datanya diperoleh secara langsung pada objek penelitian. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi penggajian pada CV. Bombana Raya adalah analisis PIECES dan uji kepatuhan atau compliance test dengan model attribute sampling untuk mengetahui efektifitas sistem akuntansi penggajian pada CV. Bombana Raya.

Berdasarkan Evaluasi hasil pemeriksaan terhadap sampel dilakukan dengan cara membandingkan antara tingkat kesalahan yang dicapai (AUPL) dengan tingkat kesalahan maksimum yang diterima (DUPL). Karena hasil pemeriksaan terhadap sampel menunjukkan bahwa AUPL=DUPL yaitu sebesar 5% pada tingkat kesalahan sama dengan nol, maka dapat disimpulkan bahwa pengendalian di CV. Bombana Raya sudah efektif

Keywords


Efektifitas, Penggajian, Pengupahan, Sistem Akuntansi Penggajian

Full Text:

PDF

References


Baridwan,Z.(2002).Sistem Akuntansi: Penyusunan Prosedur Dan Metode .(Ed.Ke-5). Yogyakarta: BPFE.

Baridwan,Z.(2002).Sistem akuntansi : penyusunan prosedur dan metode.(Ed. Ke-5). Yogyakarta: BPFE.

Baridwan,Z. (2009). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta:BPFE.

Baridwan,Z.(2012).Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur Dan Metode.(Ed. Ke-5). Yogyakarta:BPFE.

Basrowi dan Suwandi.(2008).Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta

Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif (ke-dua). Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Bungin,B.(2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi,dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Ed. Ke-2). Jakarta: Kencana.

Suprajitno, Dwi (Fauziah, dkk (2010). “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang pada PT. Tasly World Indonesia Cabang Bandung Dengan Menggunakan Microsoft Visual basic 6.0 Dan SQL Server 2000 Berbasis Client Server (StudiKasus:PT.Tasly World Indonesia Cabang Bandung). Jurnal Komputerisasi Akuntansi. Universitas Komputer Indonesia.

Fess, dkk (2005).Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Pratama, Hendhy Indra. Isharijadi, Sulstyowati, Nur Wahyuning (2020). Efektifitas Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan PDAM Kabupaten Nganjuk. Tangible Jurnal, 5(2), Hal. 53-64.

Retyaningtyas,D.T.R.,Dzulkirom,M.,danSaifi,M. (2015).Analisis Sistem dan Prosedur Penggajian dan Pengupahan dalam upaya Mendukung Pengendalian Intern Perusahaan (StudiKasuspada Perusahaan Kacang Shanghai Gangsar Ngunut Tulungagung), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.1 No. 1. Saptaningsih, T. (2012). Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan. Skripsi. IAIN Surakarta

Sinain,S.(2013).Analisis Efektivitas Pengendalian Manajemen PenggajianPT. PLN (Persero) Rayon Tomohon. Jurnal EMBA Vol. 1 No.3

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatn Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D(Cetakan ke-11).Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Metode penelitian kombinasi (mixedmethods). Bandung: ALFABETA.

Suparjono.(2011). Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Pada BMT Mandiri Sejahtera Kecamatan Ungaran Timur, Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Uda,T. (2014). Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Bagian Logistik & Distribution Pada PT. Indotruba Tengah Kota Waringin Barat. Jurnal FKIP Universitas Palangkaraya Vol. 2 No.2 Desember-ISSN 2355-0236.

Warrant, C.S., Reeve, J.M., dan Fess, P.E. (2005). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Weygandt,J.J., Keiso,D.E., Kimmel ,P.D. (2007). Pengantar Akuntansi. (Ed.Ke- 7). Jakarta: Salemba Empat.

Widjajanto, N. (2001).Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Winarno, W.W.(2006). Sistem Informasi Akuntansi. (Ed. Ke-6).Yogyakarta:UPP STIM YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit

Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Gedung FKIP Ruangan Jurusan Pendidikan Ekonomi Lantai 2, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara Kode Pos 93132.