PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BLENDED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW di SMA 1 TANGGETADA

Rusman Rusman, Jafar Ahiri, Abdullah Igo B.D

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Tujuan diadakanya penelitian ini adala untuk menguji dan mengetahui serta menjelaskan perbedaan keterampilan belajar siswa yang di ajar dengan model pembelajaran koperatif tipe blended learning dengan keterampilan berfikir kritis siswa yang di ajar dengan model pembelajaran tipe jigsaw.  Teknik analisis data yaitu dengan pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes bentuk obyektif pilihan ganda .

                Hasil uji homogenitas data dengan menggunakan uji Levene's Test for Equality of Variances menunjukan bahwa sig = 0,045 < 0,05 yang berarti variansi data hasil belajar siswa yang nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga data tidak homogen. Karena itu, untuk pengujian hipotesis penelitian di gunakan Equal variances not assumed. Berdasarkan hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t antara rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Blended learning  dan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari a 0,05 ( p = 0,209 > a 0,05).  Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar blended learning  dengan model pembelajaran Jigsaw

Keywords


Blended learning, jigsaw, berfikir kritis

Full Text:

PDF

References


Arief, Achmad. (2007). Memahami Berpikir Kritis. [online]. Tersedia: http://researchengines. com/1007arief3.html. [2 April 2010]

Arthana, K.P. (2010). Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialog Critical Thinking. Jurnal Tekhnologi Pendidikan, 10(1) :17-21.

Chaedar Alwasilah. (2006). Contextual Teaching and learning. Bandung : MLC..

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Deswani. (2009). Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis. Jakarta: Salemba Medika.

Faiz, Fahruddin. (2012). Thinking Skill, pengantar menuju berpikir kritis. Yogyakarta: SUKA-Press.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hassoubah, Z .I. (2004). Developing Creative and Critical Thinking Skills. Bandung: Nuansa Cendekia.

Ibrahim, M. (2007). Kecakapan Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis. Tersedia: http://kpicenter.org

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lahir S, Ma’ruf MH, Tho’in M. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi, Edunom ika, 1(1): 1-8.

M. A. Hertiavi , H. Langlang, S. Khanafiyah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp, Jurnal Pen6didikan Fisika Indonesia 6, 53-57. Issn: 1693-1246.

Mahanal, S., Zubaidah. S. (2007). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strtegi Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Malang : Jurnal Peneitian Kependidikan. 17(1):32-47

Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teoi dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.

Pandini ED, Relita DT. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sman 2 Sintang, Jurkami: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1): 48-61.

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sutopo, A.H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwiwa IG. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Teori Dan Praktek Renang Ii, Jurnalpendidikan Indonesia, 4(2):5 666-674

Rosyidah U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro, Jurnal Sap, 1(2): 115-124.

Uno, H.B. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit

Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Gedung FKIP Ruangan Jurusan Pendidikan Ekonomi Lantai 2, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara Kode Pos 93132.