Pengembangan LKPD Materi Teori Kinetik Gas Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMA

Rahmad Rizal, Luh Sukariasih, Husein Husein

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui model discovery learning Berbantuan Aplikasi PhET pada materi teori kinetik gas yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE dengan rincian analisis (analysis), desain/perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). LKPD yang dikembangkan di uji cobakan di SMA Negeri 2 Lakudo pada kelas XI MIA2. Instrumen penelitian dari lembar validasi, angket dan tes tertulis. Data kevalidan LKPD  dilihat dari lembar validasi oleh tiga orang validator ahli. Data kepraktisan LKPD dilihat dari respon guru dan respon peserta didik. Data keefektifan LKPD dilihat dari peningkatan peningkatan prestasi peserta didik dengan instrument tes tertulis berupa pretest dan posttest. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh bahwa  kelayakan LKPD oleh 3 validator diperoleh indeks kesepakatan akhir 0,898413 yang berarti dalam kriteria “sangat tinggi”,”.Kepraktisan LKPD dilihat dari respon guru dan peserta didik, dari guru dikategorikan“sangat praktis” 94,73% dan dari peserta didik 97,84% dikategorikan“sangat praktis. Keefektifan dilihat dari hasil tes ketercapaian kompetensi, hasil tes peserta didik telah mencapai KKM (70).

 


Keywords


Pengembangan LKPD; model discovery learning; aplikasi PhET; keterampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP. Jurnal Phi, 1(3), 13-19. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1-6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Ennis, R. H. (1996). Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal logic, 18(2). https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378

Hariadi, N., Rasmiwetti, R., & Haryati, S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbentuk Majalah Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 434-437. doi: 10.29303/jpm. v15i5.1605

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.12900

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance improvement, 42(5), 34-37. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508

Ngadinem, N. (2019). Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26850

Noviyanto, W. Y., & Wardani, N. S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27959

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas ii di sd muhammadiyah danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Perdana, A., Siswoyo, S., & Sunaryo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Discovery Learning Berbantuan Phet Interactive Simulations Pada Materi Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1). https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4908

Nua, M. T. P., Wahdah, N., & Mahfud, M. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) K-13 berbasis discovery learning siswa SMA kelas X pada materi analisis vektor. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 95-104. https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7090

Salmon, A. et al. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Discovery Learning. Makalah. Universitas Patimura Ambon.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelejaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wulandari, Y. I., & Totalia, S. A. (2016). Implementasi model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Printed ISSN (p-ISSN): 2502-3861
Online ISSN (e-ISSN):2715-551X

Our Journal has been Indexed by: 
 

    Smiley face   Smiley face 

About license:

Creative Commons License
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika by Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.    Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI 

Penerbit:

Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo,
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
e-mail office: jipfi@uho.ac.id